Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Rencana Aksi Terorisme Digagalkan, Putin Berterima Kasih ke Trump

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan terima kasih secara pribadi kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump karena membantu penggagalan terorisme.
Ropesta Sitorus
Ropesta Sitorus - Bisnis.com 30 Desember 2019  |  17:43 WIB
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. - Reuters/Grigoriy Dukor
Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. - Reuters/Grigoriy Dukor

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan terima kasih secara pribadi kepada Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Rusia mengaku telah berhasil menggagalkan rencana serangan terorisme di St. Petersburg berkat petunjuk Washington.

Kantor-kantor berita Rusia mengutip pernyataan Layanan Keamanan Federal (FSB) yang mengatakan bahwa dengan adanya informasi tersebut, dua orang Rusia ditahan pada 27 Desember karena dicurigai merencanakan serangan selama perayaan Tahun Baru di St. Petersburg.

Kantor Kepresidenan Rusia, Kremlin, menyatakan Putin berterima kasih kepada Trump lewat telepon pada Minggu (29/12/2019) atas petunjuk tersebut. Akan tetapi, tidak ada penjelasan lebih lanjut yang disampaikan.

Adapun, hubungan diplomatik antara Washington dan Moskwa penuh dengan perselisihan mulai dari terkait persoalan Ukraina ke Suriah serta tuduhan campur tangan Rusia dalam pemilihan Presiden AS. Akan tetapi, Trump dan Putin terus menjaga komunikasi pribadi tetap terbuka.

Pada 2 tahun lalu, pemimpin Rusia itu juga menelepon Trump untuk mengucapkan terima kasih atas petunjuk yang menurut Rusia membantu mencegah serangan bom di sebuah katedral di St Petersburg. Rusia telah berulang kali menjadi sasaran serangan oleh kelompok militan, termasuk yang mengaku Islam.

Pernyataan dari Kremlin pada Minggu tersebut juga berisi persetujuan Putin dan Trump untuk melanjutkan kerja sama bilateral dalam mengatasi terorisme.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat rusia vladimir putin terorisme Donald Trump

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top