Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran Tak Pernah Bicara Pencalonan Wali Kota dengan Jokowi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin menyebut Gibran Rakabuming Raka tidak pernah membicarakan soal pencalonan dirinya sebagai Wali Kota Surakarta kepada sang ayah, Presiden Joko Widodo.
Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin./Antara
Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi KSP Ali Mochtar Ngabalin./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Kepresidenan Ali Mochtar Ngabalin menyebut Gibran Rakabuming Raka tidak pernah membicarakan soal pencalonan dirinya sebagai Wali Kota Surakarta kepada sang ayah, Presiden Joko Widodo.

"Saya sendiri pernah bertanya langsung kepada Presiden, Pak Jokowi bilang tanya langsung sana, sana sama Gibran, karena dia [Gibran] yang memulai pikiran ini tidak pernah membicarakan dengan saya [Jokowi]," ujar Ngabalin di Jakarta, Minggu (22/12/2019).

Kendati demikian, Ngabalin mengatakan bahwa Jokowi tetap memberi restu kepada putra sulungnya itu untuk maju dalam kontestasi pemilihan kepala daerah pada tahun 2020 mendatang.

"Kalau Pak Jokowi itu kan terbuka untuk kepentingan demokrasi. Makanya, Pak Jokowi mempersilakan saja kalau mau," kata Ngabalin.

Jokowi, sambung Ngabalin, hanya mengingatkan kepada Gibran agar berjiwa besar menanggung risiko apa pun terkait dengan hasil pilkada nantinya, baik terpilih maupun tidak terpilih sebagai Wali Kota Surakarta.

Lebih lanjut Ngabalin mengatakan bahwa majunya Gibran dalam pilkada sebenarnya tidak perlu dipermasalahkan sebab suami dari Selvi Ananda tersebut dipandang telah memenuhi kriteria dari segi usia.

Selain itu, Ngabalin juga menilai Gibran sudah banyak belajar dari sang ayah untuk menjadi seorang politikus dan pemimpin.

"Mustahil bagi seorang anak wali kota, anak gubernur, anak presiden tidak terpola kaderisasinya sebagai seorang anak politikus. Politisi yang paling tertinggi itu, ya, Pak Jokowi menjadi seorang presiden," kata Ngabalin.

Ngabalin meyakini bila nantinya Gibran terpilih sebagai Wali Kota Surakarta, hal tersebut bukan karena campur tangan Jokowi, melainkan perjuangan Gibran dan takdir Tuhan.

"Kalau hari ini Gibran, ya, sudah memang Tuhan takdirkan dia menjadi anak Jokowi, yang Jokowi menjadi Presiden Indonesia, bahwa orang melihat bapaknya kemudian memilih dia juga, apa yang salah dari situ? Kecuali menggunakan fasilitas negara, APBN, dan lain-lain. Akan tetapi, 'kan itu tidak. Ini juga baru dalam proses," ucap Ngabalin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper