Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gibran dan Boby Daftar Pilkada, Puan Sebut Keluarga Jokowi Punya Hak

Dua keluarga Presiden Joko Widodo, yaitu purta sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan menantu Bobby Nasution resmi mendaftarkan diri pada pemilihan kepala daerah 2020.
Puan Maharani/Antara
Puan Maharani/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Dua keluarga Presiden Joko Widodo, yaitu purta sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan menantu Bobby Nasution resmi mendaftarkan diri pada pemilihan kepala daerah 2020.

Gibran mendaftar untuk Walikota Solo sementara Bobby Walikota Medan.

Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani mengatakan bahwa setiap warga negara memiliki hak untuk memilih dan dipilih.

Mereka berdua kini sedang mengikuti proses mekanisme partai yang dijadikan kendaraan politik.

“Kalau kemudian yang bersangkutan berdua itu dalam proses mekanismenya lulus dalam proses, tidak ada [seseorang] yang [bisa] tidak memperbolehkan Gibran dan Bobby untuk maju dalam kontestasi pilkada,” katanya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12/2019). 

Puan menjelaskan bahwa apabila mereka lolos dalam proses tersebut, nantinya rakyat yang memilih apakah diberi kepercayaan memimpin daerah.

“Jadi jangan karena dianggap anak A, anak B atau anak siapa kemudian tidak boleh ikut mempunyai hak politik untuk ikut dalam satu kontestasi,” jelasnya. 

Sementara itu berdasarkan survei Median yang dilakukan awal bulan, elektabilitas Gibran masih kalah dari Achmad Purnomo yang merupakan calon hasil penjaringan DPC PDIP Solo.

Puan menuturkan bahwa ini akan menjadi pertimbangan partai dalam mengusul antara keduanya.

“Toh pilkadanya juga masih 2020 bulan september. Masih lama banget ini loh. Ini pergantian tahun 2020 saja belum,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper