Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berusia 34 Tahun, Inilah Perdana Menteri Termuda di Dunia

Menteri Transportasi Finlandia, Sanna Marin ditunjuk oleh Partai Sosial Demokrat pada hari Minggu (8/12/2019) untuk menjadi perdana menteri termuda di negara itu setelah pengunduran diri Antti Rinne.
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin/Reuters
Perdana Menteri Finlandia Sanna Marin/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Transportasi Finlandia, Sanna Marin ditunjuk oleh Partai Sosial Demokrat pada hari Minggu (8/12/2019) untuk menjadi perdana menteri termuda di negara itu setelah pengunduran diri Antti Rinne.

Marin yang berusia 34 tahun merupakan pemimpin partai terbesar dalam koalisi yang beranggotakan lima Partai.

Dia akan menjadi perdana menteri termuda di dunia ketika dia menjabat nantinya.

Rinne mengundurkan diri pada Selasa(3/12/2019) setelah sebuah partai dalam koalisi, Partai Tengah, mengatakan pihaknya telah kehilangan kepercayaan setelah dia menangani aksi pemogokan pegawai pos.

"Kami memiliki banyak pekerjaan di depan untuk membangun kembali kepercayaan," kata Marin kepada wartawan setelah memenangkan suara tipis di antara para pemimpin partai sperti dikutip Reuters, Senin (9/12/2019).

Sedangkan Antti Lindtman, kepala kelompok parlemen partai, menjadi runner up. Popularitas Marin mengalami peningkatan pesat dalam politik

Finlandia sejak menjadi kepala Dewan Kota di kota asalnya, Tampere pada usia 27 tahun.

Dia akan mengambil alih posisi perdana menteri di tengah gelombang pemogokan tiga hari, yang akan menghentikan produksi di beberapa perusahaan terbesar Finlandia mulai Senin (9/12/2019).

Konfederasi Industri Finlandia memperkirakan serangan itu akan membuat perusahaan kehilangan 500 juta euro pendapatan (US$550 juta).

Koalisi kiri-tengah, yang baru menjabat enam bulan lalu, setuju untuk melanjutkan program politiknya yang menekankan pada netralitas karbon, setelah Rinne mengumumkan  mengundurkan diri atas permintaan Partai Tengah.

"Kami memiliki program pemerintah bersama yang mengakomodir kebijakan koalisi bersama," kata Marin.

Finlandia memegang jabatan presiden bergilir Uni Eropa sampai akhir tahun inidan  memainkan peran sentral dalam upaya menuntaskan anggaran baru untuk blok tersebut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper