Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

HUT Ke-58, Butet Kertaradjasa Gelar Pameran Lukisan

Pameran lukisan bertajuk Lanskap Luar Dalam karya seniman Butet Kertaradjasa dan Widiyatno resmi dibuka pada Kamis (21/11/2019) di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 22 November 2019  |  00:02 WIB
Butet Kertaradjasa dan Widiyatno memberikan sambutan dalam pembukaan pameran lukis bertajuk Lanskap Luar Dalam di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta, Kamis 21 November 2019. - Bisnis/Dionisio Damara
Butet Kertaradjasa dan Widiyatno memberikan sambutan dalam pembukaan pameran lukis bertajuk Lanskap Luar Dalam di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta, Kamis 21 November 2019. - Bisnis/Dionisio Damara

Bisnis.com, JAKARTA - Pameran lukisan bertajuk Lanskap Luar Dalam karya seniman Butet Kertaradjasa dan Widiyatno resmi dibuka pada Kamis (21/11/2019) di Tugu Kunstring Paleis, Menteng, Jakarta.

Pameran yang berlangsung hingga 21 Desember ini sekaligus menjadi momentum perayaan ulang tahun Butet yang ke-58. Dalam pergelaran itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD turut hadir untuk membuka pameran.

Dalam sambutannya, Mahfud berharap bahwa Butet dapat terus berkarya dan menyegarkan pikiran rakyat dengan berbagai macam talentanya, mulai dari bermaim teater hingga melukis.

"Saya ucapkan selamat ulang tahun untuk mas Butet yang lahir pada 21 Desember. Mudah-mudahan, panjang umur dan terus berkarya," ujar Mahfud, Kamis (21/11/2019).

Sementara kurator pameran, Suwarno Wisetrotomo, mengatakan bahwa pameran ini juga sebagai simbol jalinan persahabatan antara Butet dan Widiyatno yang telah berkolaborasi selama 10 tahun dalam membuat komik di salah satu media massa nasional.

Kolaborasi itu melibatkan Butet sebagai penulis skenario, sementara Widiyatno yang memvisualkannya skenario tersebut. Adapun pertemanan keduanya telah terjalin sejak bersekolah di Sekolah Menengah Seni Rupa Indonesia yang kini berganti nama menjadi Sekolah Menengah Seni Rupa, Jogjakarta.

"Kedua sahabat saya ini sama-sama menghadirkan lanskap dalam karya-karya lukisannya. Butet dengan lukisan simbol-simbolnya, sementara Widiyatno mencoba menangkap lanskap secara detail dengan memori fotografinya," ujar Suwarno.

Dalam pameran tersebut, kedua seniman ini menggunakan medium cat air di atas kanvas. Lebih dari 70 karya dihadirkan dalam pameran tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pameran lukisan butet kartaradjasa
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top