Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sukmawati Soekarnoputri Dinilai Menista Agama, Pelapor Siap Buka Pintu Dialog

Sukmawati Soekarnoputri tersandung masalah gara-gara penyataannya yang dinilai menista agama. Meski begitu, pelapor kasus dugaan penistaan agama Irvan Noviandana mengatakan dirinya membuka pintu dialog dengan Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri.
Sukmawati Soekarnoputri saat memberikan keterangan pers terkait polemik puisi Ibu Indonesia di Jakarta, Rabu (4/4/2018)./ANTARA-Meli Pratiwi
Sukmawati Soekarnoputri saat memberikan keterangan pers terkait polemik puisi Ibu Indonesia di Jakarta, Rabu (4/4/2018)./ANTARA-Meli Pratiwi

Bisnis.com, JAKARTA - Sukmawati Soekarnoputri tersandung masalah gara-gara penyataannya yang dinilai menista agama.

Meski begitu, pelapor kasus dugaan penistaan agama Irvan Noviandana mengatakan dirinya membuka pintu dialog dengan Diah Mutiara Sukmawati Soekarnoputri.

"Kalau ada rencana untuk bertemu dengan beliau saya bersedia, tetapi proses hukum harus tetap berjalan," ujar Irvan di Polda Metro Jaya, Selasa malam, 18 November 2019.

Alasan Irvan ingin membuka pintu dialog dengan putri proklamator Soekarno itu, agar Sukmawati dapat menyadari kekeliruannya sehingga menjadi teladan bagi orang tua lain agar bisa menghormati kesucian agama. "Termasuk menghormati simbol agama ya, seperti kenabian, azan, Al Quran, (pidato Sukmawati) itu menyinggung sekali," ujar Irvan seperti dikutip Tempo.co.

Laporan Irvan tertuang dalam nomor LP/7456/XI/2019/PMJ/Dit. Reskrimum. Pasal yang disangkakan Pasal 156a Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penistaan agama.

Sebelumnya Sukmawati dilaporkan oleh warga bernama Ratih Puspa Nusanti, yang merupakan salah anggota Koordinator Bela Islam (Korlabi), untuk dugaan kasus yang sama. Laporan terhadap Sukmawati tersebut terdaftar dengan nomor LP/7393/XI/2019/PMJ/Dit.Reskrimum pada 15 November.

Menurut Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, pelapor mengatakan bahwa pada 14 November 2019 mendapatkan informasi dari kerabat yang melihat langsung dari mesin pencari Google ihwal ucapan Sukmawati dalam diskusi bertajuk 'Bangkitkan Nasionalisme, Bersama Kita Tangkal Radikalisme, dan Berantas Terorisme'.

Di video itu, Sukmawati sempat bertanya soal siapa sosok yang paling berjasa dalam kemerdekaan Indonesia di antara Nabi Muhammad dan Presiden Soekarno.

"Mana lebih bagus Pancasila sama Al Quran? Gitu kan. Sekarang saya mau tanya ini semua, yang berjuang di abad 20 itu nabi yang mulia Muhammad, apa Insinyur Sukarno? Untuk kemerdekaan. Saya minta jawaban, silakan siapa yang mau menjawab berdiri, jawab pertanyaan Ibu ini," ujar Sukmawati Soekarnoputri.

Atas laporan itu, Sukmawati membantah berniat menista Nabi Muhammad SAW. Saudara Presiden Megawati Soekarnoputri itu mengatakan, ucapannya yang membandingkan Muhammad dengan ayahnya itu dalam konteks perjuangan kemerdekaan Indonesia.

"Saya kan hanya bertanya, konteksnya sama sejarah Indonesia dalam kemerdekaan, masak begitu saja jadi masalah?" ujar Sukmawati kepada Tempo pada Sabtu, 16 November 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Saeno
Sumber : TEMPO.CO
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper