Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Seleksi CPNS 2019 : Passing Grade Diturunkan, Pemerintah Beri Bocoran Pertanyaan Ujian

Penurunan nilai ambang batas akan diikuti dengan penguatan pada soal mengenai Pancasila, antiradikalisme, dan penguatan kebangsaan.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 12 November 2019  |  12:42 WIB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo

Kabar24.com, JAKARTA — Pemerintah memastikan penurunan nilai ambang batas (passing grade) dalam penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tidak akan menurunkan kualitas penerimaan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menuturkan penurunan nilai ambang batas akan diikuti dengan penguatan pada soal mengenai Pancasila, antiradikalisme, dan penguatan kebangsaan.

"Kalau tidak [diturunkan nilai ambang batas akibatnya] kemarin [seleksi sebelumnya] sampai ada beberapa kabupaten dan kota tidak ada yang lulus," kata Tjahjo di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya dengan penambahan lebih banyak soal mengenai wawasan kebangsaan, Pancasila serta potensi ancaman bernegara maka didapatkan para CPNS yang memiliki semangat kebangsaan dan kecintaan pada Tanah Air.

Tjahjo menambahkan untuk mengantisipasi peningkatan kunjungan ke website saat ini sistem layanan penerimaan terus dipantau oleh Badan Kepegawaian Nasional. 

"Jadi secara prinsip baru satu hari minatnya luar biasa. Hanya memang baru [dibuka sehingga trafik kunjungannya luar biasa]. Teman-teman [peminat] baru melihat, memilih yang mana, karena enggak boleh dua pilihan tho? Saya kira [secara keseluruhan] enggak ada masalah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penerimaan cpns cpns cpns tjahjo kumolo lowongan cpns seleksi cpns
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top