Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mural Tersembunyi Seniman Grafiti Terkenal Ini Akhirnya Dipamerkan di London

Sebuah mural karya Banksy, seniman grafiti paling terkenal di dunia, tersembunyi diantara bangunan kota London selama bertahun-tahun. Grafiti itu akhirnya dibuka dan dipamerkan ke publik di Notting Hill, jantung kota London, Inggris.
sumber: Reuters
sumber: Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah mural karya Banksy, seniman grafiti paling terkenal di dunia, tersembunyi di antara bangunan kota London selama bertahun-tahun. Grafiti itu akhirnya dibuka dan dipamerkan ke publik di Notting Hill, jantung kota London, Inggris.

Diketahui, meski sangat terkenal, Banksy tidak pernah mengungkap identitas aslinya. Karya grafitinya banyak menyoroti penindasan di Palestina, politik yang hipokrit dan ketamakan kapitalis di London.

Karya tersembunyi itu memperlihatkan seorang seniman, yang terlihat seperti pelukis Spanyol Diego Velazquez, dengan sebuah kuda-kuda menulis "Banksy" dalam huruf merah besar.

Digambar di sudut Acklam dan Portbello Road pada 2008, karya itu tertutup setelah pengembang Enstar Capital mulai merenovasi properti untuk membuat flat mewah.

"Karya ini adalah fitur yang indah untuk bangunan dan fitur yang indah di Notting Hill yang telah mempertahankan London-nya," kata Chief Executive Enstar Capital, Simon Lyons dilansir Reuters, Selasa (5/11/2019).

"Salah satu alasan saya membeli bangunan itu adalah ada karya Banksy di sana. Karya itu memberi profil ikonik. Jadi sementara saya pikir harga untuk Banksy tidak masuk akal, bisa dibilang saya adalah penggemar dalam beberapa hal," jelasnya.

Enstar awalnya ingin memindahkan karya Banksy itu tetapi akan terlalu berisiko sehingga diputuskan grafiti itu tetap di tempat yang sama dan ditutupi oleh kaca.

Flat mewah di properti bernilai setidaknya 950.000 pound (US $1,2 juta) untuk satu kamar tidur, kata Lyons.

"Apakah aku akan menyukainya jika Banksy datang dan melakukannya [menggambar grafiti] di gedung tempat aku tinggal? Mungkin tidak," kata Lyons.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Sumber : Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper