AS Rilis Video Penyerbuan Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi

Amerika Serikat melalui Pentagon merilis foto dan video operasi penyerbuan pimpinan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 31 Oktober 2019  |  12:31 WIB
AS Rilis Video Penyerbuan Pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi
Abu Bakr al-Baghdadi pada 29 April 2019. - Kelompok Negara Islam/Al Furqan Media Network/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA--Amerika Serikat melalui Pentagon merilis foto dan video operasi penyerbuan pimpinan ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.

Dalam konferensi pers, jurnalis ditunjukkan video udara hitam putih yang menunjukkan pasukan operasi khusus AS mendekati kompleks tempat Baghdadi bersembunyi dan pesawat AS menembaki gerilyawan di sekitarnya.

Video yang paling dramatis menunjukkan kepulan asap hitam yang membumbung dari tanah setelah bom militer AS meratakan kompleks Baghdadi.

Dilansir dari Reuters, Kamis (31/10/2019), Kepala Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie mengatakan setelah dihancurkan kompleks tersebut hanya tampak seperti lahan parkir dengan lubang besar.

Baghdadi, lanjut McKenzie, membawa dua anak kecil ke dalam terowongan bersamanya. Kedua anak itu diyakini berusia di bawah 12 tahun dan keduanya tewas.

McKenzie menggambarkan Baghdadi terisolasi di kompleksnya yang terletak di Suriah tersebut, hanya empat mil dari perbatasan Turki. Dia berujar para pejuang dari kelompok-kelompok militan lain di dekatnya mungkin bahkan tidak tahu Baghdadi berada di sana.

McKenzie menduga tidak mungkin Baghdadi menggunakan Internet atau memiliki koneksi digital ke dunia luar.

"Saya pikir Anda akan menemukan [dia menggunakan] mungkin sistem messenger yang memungkinkan Anda untuk meletakkan sesuatu di disket atau pada sedikit peranti elektronik dan memiliki seseorang secara fisik untuk memindahkannya ke suatu tempat," kata McKenzie.

Ditanya mengenai pernyataan Presiden Donald Trump yang menyebut Baghdadi menangis, merintih, dan menjerit menjelang kematiannya, McKenzie tidak dapat mengonfirmasi.

"Tentang saat-saat terakhir Baghdadi, saya dapat memberitahu Anda bahwa dia merangkak ke dalam lubang dengan dua anak kecil dan meledakkan dirinya ketika orang-orangnya tetap di tanah," kata McKenzie.

"Jadi Anda bisa menyimpulkan orang seperti apa dia berdasarkan aktivitas itu. Saya tidak bisa mengkonfirmasi hal lain tentang detik-detik terakhirnya," sambung McKenzie.

McKenzie juga memperkirakan bahwa ISIS akan mencoba melakukan serangan balasan.

“Kami menduga mereka akan mencoba beberapa bentuk serangan balasan dan kami sudah siap untuk itu, ”kata McKenzie.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
amerika serikat, pentagon, baghdadi, ISIS

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top