18 Perguruan Tinggi Susun Naskah Soal Seleksi CPNS 2019

Sebanyak 18 perguruan tinggi negeri akan menyiapkan seluruh pertanyaan yang digunakan untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 30 Oktober 2019  |  13:45 WIB
18 Perguruan Tinggi Susun Naskah Soal Seleksi CPNS 2019
Universitas Diponegoro - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 18 perguruan tinggi negeri akan menyiapkan seluruh pertanyaan yang digunakan untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmadja mengatakan kampus tersebut terlibat dalam penyusunan soal yang akan digunakan.

"Yang menyusun adalah 18 perguruan tinggi di Indonesia, Uncen, UI, Undip, Unpad, dan akan dikoordinasi dan dikordinasikan oleh kementerian," katanya saat konferensi pers di Kemenpan RB, Rabu (30/10/2019).

Dia menyebut soal seleksi selalu dilakukan pembaruan. Pembaruan atau update dilaksanakan setiap  tahun. Langkah itu untuk mengantisipasi adanya soal yang pertanyaan yang sama saat seleksi.

Selain itu, soal dijaga ketat agar tidak bocor. Panitia menggunakan enkripsi agar mencegah adanya pihak yang membocorkan pertanyaan ini. Panitia merekrut Badan Siber dan Sandi Negara untuk menjamin soal tersebut.

"Tim pengaman teknologi harus percaya bahwa ini tida bocor dan dienkrip oleh BSSN," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perguruan tinggi, cpns

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top