Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tempatkan Dito Ganinduto, Golkar Lanjutkan Tradisi Pimpin Komisi XI

Dikutip dari keterangan resmi DPR, Rabu (30/10/2019), Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad memimpin rapat penetapan Pimpinan Komisi XI DPR RI.
Stefanus Arief Setiaji
Stefanus Arief Setiaji - Bisnis.com 30 Oktober 2019  |  11:50 WIB
Politisi Partai Golkar Dito Ganinduto. - DPR
Politisi Partai Golkar Dito Ganinduto. - DPR

Kabar24.com, JAKARTA — Politisi Partai Golkar Dito Ganinduto resmi menjabat sebagai Ketua Komisi XI DPR. Komisi ini membidangi keuangan dan perbankan.

Dikutip dari keterangan resmi DPR, Rabu (30/10/2019), Wakil Ketua DPR RI Koordinator bidang Ekonomi dan Keuangan Sufmi Dasco Ahmad memimpin rapat penetapan Pimpinan Komisi XI DPR RI.

Komisi XI akan menjadi mitra Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, serta sejumlah lemgaga seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dan Bank Indonesia.

Penetapan Dito Ganinuduto sebagai Ketua Komisi seolah melanjutkan tradisi di komisi itu yang dipegang oleh politisi Partai Golkar. Terakhir, Marcus Melchias Mekeng menjabat sebagai Ketua Komisi XI DPR.

Usulan nama calon diajukan oleh 9 Fraksi untuk 1 kursi Ketua dan 4 kursi Wakil Ketua. Fraksi Partai Golkar mengusulkan Dito Ganinduto sebagai Ketua Komisi XI DPR RI.

“Sesuai dengan ketentuan Pasal 246, menyatakan bahwa setiap rapat DPR itu bersifat terbuka kecuali yang disepakati tertutup. Karena pada hari ini hanya penetapan pimpinan, saya usulkan dan kita nyatakan rapat ini terbuka,” kata Dasco.

Selanjutnya, untuk empat kursi Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fraksi PDI-Perjuangan mengusulkan Eriko Sotarduga, Fraksi Partai NasDem mengajukankan Achmad Hatari, Fraksi PKB mengusulkan nama Fathan Subchi, dan terakhir, Fraksi PPP mengusulkan Amir Uskara.

“Berdasarkan usulan-usulan Fraksi tersebut, dengan ini saya tetapkan Pimpinan Komisi XI. Apakah nama-nama calon tersebut dapat ditetapkan menjadi Pimpinan Komisi XI DPR RI,” tanya Dasco, dengan diikuti dengan jawaban “Setuju” dari seluruh Anggota Komisi XI DPR RI yang hadir.

Dengan ditetapkannya nama-nama pimpinan Komisi XI DPR RI tersebut, Dasco mengakhiri rapat dengan ucapan ‘Selamat bertugas’, dan selanjutnya mempersilakan Pimpinan terpilih untuk menempati kursi pimpinan dan menerima penyerahan palu sidang.

“Kepada Pimpinan saya persilakan ke depan dan menerima palu sidang,” tutup politisi Partai Gerindra tersebut dan diakhiri dengan foto bersama

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia dpr kemenkeu komisi xi dpr
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top