Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Infrastruktur di Arfak, Presiden Jokowi Minta Waktu 2 Hingga 3 Tahun

Presiden Joko Widodo menegaskan komitmennya untuk segera membangun infrastruktur di Pegunungan Arfak. Presiden meminta waktu 2 hingga 3 tahun untuk bisa menyelesaikan pembangunan infrastruktur di kawasan ini.
Presiden Joko Widodo saat tiba di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (27/10/2019) pagi. Presiden disambut ribuan warga, tarian gembira, dan kalungan manik-manik di lapangan bola Irai, Pegunungan Arfak, Papua Barat./Facebook-Presiden Joko Widodo
Presiden Joko Widodo saat tiba di Pegunungan Arfak, Papua Barat, Minggu (27/10/2019) pagi. Presiden disambut ribuan warga, tarian gembira, dan kalungan manik-manik di lapangan bola Irai, Pegunungan Arfak, Papua Barat./Facebook-Presiden Joko Widodo

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo menegaskan komitmennya untuk segera membangun infrastruktur di Pegunungan Arfak. Presiden meminta waktu 2 hingga 3 tahun untuk bisa menyelesaikan pembangunan infrastruktur di kawasan ini.

Hal itu diungkapkannya Presiden Jokowi ketika menyambangi lapangan bola Irai di Kabupaten Pegunungan Arfak, Provinsi Papua Barat, Minggu (27/10/ 2019).

Di tempat tersebut Jokowi menyapa dan bertemu ribuan warga yang berasal dari 10 distrik dan 162 desa.

Setibanya di lapangan, Presiden Jokowi dan rombongan disambut penampilan tarian khas Suku Besar Arfak, yaitu Tari Tumbu Tanah.

Presiden kemudian mendapatkan paparan mengenai pembangunan di daerah setempat dari Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy.

Dalam sambutannya Presiden Jokowi menyatakan merasa sangat senang dan terharu bisa menyambangi Kabupaten Arfak untuk pertama kalinya dan bertemu langsung dengan warga setempat.

Jokowi mengatakan kedatangan dirinya karena ada masukan dari kepala daerah setempat, utamanya terkait pembangunan infrastruktur di daerah setempat.

"Tadi sudah disampaikan oleh Pak Bupati, Pak Gubernur, mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," kata Presiden, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (27/10/2019).

Akses jalan antara Pegunungan Arfak dan Manokwari tersebut, menurut Presiden, akan memudahkan transportasi orang dan distribusi barang terutama produk-produk pertanian.

Para petani asal Pegunungan Arfak nantinya bisa menjual beragam komoditas pertanian seperti wortel, kol, dan kentang ke Manokwari.

"Agar barang-barang pertanian, produk-produk pertanian yang berasal dari Pegunungan Arfak bisa dijual di Manokwari," lanjut Presiden.

Presiden Jokowi berharap pembangunan jalan tersebut juga bisa mendongkrak pariwisata di daerah Pegunungan Arfak agar berkembang lebih pesat.

Pegunungan Arfak, ujar Presiden Jokowi, memiliki potensi pariwisata yang indah seperti dua danau, Anggi Giji dan Anggi Gida.

"Juga pariwisata agar orang bisa berdatangan berbondong-bondong dari Manokwari dan dari provinsi lain dari seluruh Tanah Air melihat keindahan Danau Anggi yang ada di Pegunungan Arfak. Tadi saya sudah lihat dari atas, begitu sangat indahnya danau itu," papar Presiden.

Selain infrastruktur jalan, Presiden berkomitmen untuk mengembangkan bandara dan sejumlah fasilitas publik lainnya di Pegunungan Arfak.

Kepala Negara menilai bandara memiliki peran penting bagi penduduk setempat agar bisa lebih maju.

"Beri waktu saya dua tahun untuk menyelesaikan airport yang ada di sini. Sehingga semuanya terbuka, masyarakat di sini bisa pergi ke mana pun dan airport adalah sebuah sarana transportasi yang sangat penting bagi penduduk yang ada di sini untuk bisa lebih maju ke depan," jelas Presiden.

"Tadi juga disampaikan banyak dari Pak Bupati mengenai rumah sakit, mengenai puskesmas, pasar, semuanya diminta oleh Pak Bupati. Saya akan berikan, tetapi mohon waktu paling tidak 2-3 tahun ya," tandas Presiden.

Dari lapangan bola Irai, Presiden Jokowi kemudian meninjau Pasar Irai. Kedatangan Presiden disambut meriah warga dan penjual. Presiden dan Ibu Iriana berkeliling pasar untuk melihat beragam komoditas pertanian yang dijual. Hal itu dilakukan sambil berinteraksi dengan para penjual.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dan Iriana Joko Widodo dalam acara tersebut antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Juga hadir Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Plt. Kapolri Komjen Ari Dono, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, dan Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper