Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Budi Setiadi, Aktivis dan Loyalis Jokowi yang Jadi Wakil Menteri

Budi Arie Setiadi, pemimpin Projo, organisasi relawan terbesar pendukung Presiden Joko Widodo, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.
Wakil Menteri Desa dan PDT Budi Arie Setiadi
Wakil Menteri Desa dan PDT Budi Arie Setiadi

Bisnis.com, JAKARTA - Budi Arie Setiadi, pemimpin Projo, organisasi relawan terbesar pendukung Presiden Joko Widodo, ditunjuk sebagai Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Budi dikenal sebagai seorang aktivis, politikus, dan relawan setia Jokowi. Dia adalah lulusan Universitas Indonesia untuk program sarjana dan pasca-sarjana. Dalam jenjang pendikan S-1, dia mengambil jurusan komunikasi, dan Manajemen Pembangunan Sosial untuk jenjang S-2.

Pria kelahiran 20 April 1969 ini terkenal aktif semasa menjadi mahasiswa. Dia mendapat kepercayaan memimpin gerakan mahasiswa sebagai Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM ) FISIP UI 1994 dan juga Presidium Senat Mahasiswa UI (1994/1995).

Budi aktif mendirikan dan membina Forum Studi Mahasiswa (FSM ) UI dan juga Kelompok Pembela Mahasiswa (KPM ) UI.

Budi juga diketahui aktif di bidang pers kemahasiswaan dengan menjadi Redaktur pelaksana Majalah Suara Mahasiswa UI pada tahun 1993-1994. Dia juga menjadi Ketua ILUNI UI Jakarta (1998-2001) dan mendirikan Gerakan Sarjana Jakarta (GSJ) dan Masyarakat Profesional Indonesia (MPI).

Semasa gerakan reformasi mahasiswa UI pada 1998, bersama aktivis mahasiswa dan alumni UI Budi juga membidani lahirnya Keluarga Besar (KB) UI.

Di Dunia perpolitikan, Budi pernah menjadi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan PDIP DKI Jakarta dan Wakil Ketua DPD PDIP Jakarta.

Di 2013 dia pun mendirikan kelompok relawan pendukung Jokowo yang dinamai Projo. Namun, pada 2019, kelompok itu dibubarkan lantaran tidak diperlukan lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper