Ini Jejak Menteri PPPA Bintang Darmawati, Istri dari Puspayoga

Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.
Denis Riantiza Meilanova
Denis Riantiza Meilanova - Bisnis.com 23 Oktober 2019  |  12:05 WIB
Ini Jejak Menteri PPPA Bintang Darmawati, Istri dari Puspayoga
Presiden Joko Widodo bersama Wapres Ma'ruf Amin berfoto beserta jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA FOTO/Wahyu Putro - foc.

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi menunjuk Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

Wanita yang lebih dikenal dengan Bintang Puspayoga ini merupakan istri mantan Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Selama mendampingi sang suami menjalankan tugasnya sebagai menteri, Bintang juga aktif di berbagai organisasisi, antara lain menjadi Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Koperasi dan UKM, Ketua Bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), dan Ketua Bidang II Tim Penggerak PKK.

Selain itu, ia juga aktif dalam organisasi bentukan Ibu Negara Iriana Jokowi dan Mufidah Kalla, yakni Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE KK).

Bintang menjabat sebagai Ketua Bidang II Kesehatan Keluarga. Bidang yang dibawahinya tersebut mempunyai program sosialisasi IVA test (deteksi dini kanker serviks), promosi Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), dan edukasi pencegahan stunting.

Terkait karirnya di pemerintahan, wanita kelahiran Bali, 24 November 1968 itu, belum lama ini dilantik menjadi Asisten II Sekretariat Daerah Kota Denpasar bidang Ekonomi dan Pembangunan, melalui hasil lelang (seleksi terbuka). Ia juga tercatat pernah menjadi staf Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM).

Menggantikan mantan Menteri PPPA Yohana Susana Yembise, Bintang akan bertugas untuk meningkatkan peran perempuan dalam kewirausahaan, menghapus pekerja anak, dan mengatasi masalah-masalah anak.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kabinet Jokowi-Ma'ruf

Editor : Akhirul Anwar
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top