Bursa Menteri Jokowi: Sri Mulyani Tetap Menkeu, Kader Partai Mulai Tampil

Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi hari ini, Selasa (22/10/2019) memanggil lagi calon menteri yang dijadwalkan mulai dilakukan pukul 09.00 WIB. Ini live report-nya.
Tim Bisnis Indonesia Tim Bisnis Indonesia | 22 Oktober 2019 18:16 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi hari ini, Selasa (22/10/2019) memanggil lagi calon menteri yang dijadwalkan mulai dilakukan pukul 09.00 WIB.

Untuk audisi dengan calon menteri pada hari kedua ini, calon menteri dari kalangan partai diperkirakan mendominasi kegiatan audisi tersebut.

Kemarin (Senin 21/10/2019) Jokowi telah memanggil 11 orang mereka adalah Mahfud MD, Tetty Paruntu, Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Praktino, Nico Harjanto, Fadjroel Rachman, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Namun pihak protokoler Istana Presiden menyebutkan Tetty Paruntu tidak menghadap Jokowi melainkan bertemu dengan ketua partainya Airlangga Hartarto. 

Siapakah kader-kader partai yang dipilih Jokowi? Simak live report-nya di sini.

20:21 WIB

Menteri Kesehatan

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dr Terawan Agus Putranto mengaku ditawari untuk menjadi menteri kesehatan.

"Dapat amanah baru, tugas baru yang harus saya laksanakan. Ya benar [jadi menteri kesehatan]," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Terawan mengemukakan Jokowi lebih banyak membicarakan tentang stunting dan persoalan BPJS Kesehatan.

Khusus untuk BPJS Kesehatan, dia menjelaskan persoalan defisit yang dialami oleh BPJS Kesehatan harus ditelaah secara detil untuk dicari akar permasalahannya.

(Reportase Amanda Kusumawardhani)

19:58 WIB

Komoditas Dalam Negeri

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa Agus Suparmanto menyatakan dirinya ditugaskan oleh Presiden Joko Widodo untuk mengurus bidang ekonomi.

Kendati demikian, Agus belum bersedia menyebutkan posisi apa yang ditawarkan oleh Jokowi kepadanya.

Seusai bertemu Jokowi, Agus menyampaikan keterangan kepada wartawan. Tidak seperti sebagian besar calon menteri lainnya, Agus tidak banyak bicara. "Tadi ditugaskan Bapak Presiden ada unsur bidang ekonomi," kata Agus.

Menurutnya, salah satu harapan yang disampaikan oleh Jokowi kepadanya adalah memajukan komoditas dalam negeri sehingga ekspor Indonesia menjadi lebih baik. Agus menyatakan dirinya berdiskusi dengan Jokowi terkait isu komoditas di dalam negeri dan luar negeri. (Reportase Yodie Hardiyan

19:55 WIB

Posisi Teten Masduki

Teten Masduki, mantan Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo kembali dipercaya Jokowi untuk membantunya pada Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin 2019-2024.

Teten yang pernah menjabat sebagai Kepala Kantor Staf Presiden ini menyebut pertemuannya dengan Jokowi ditemani oleh Pratikno, mantan Menteri Sekretaris Negara era Kabinet Kerja Jilid I.

"Biasalah saya ditugasin beliau di mana saja. Kali ini saya diminta ngurusi orang banyak. Kira-kira begitu," katanya .

Terkait dengan tugas yang akan diembannya, dia menjelaskan hal tersebut akan dijelaskan pada Sidang Kabinet Paripurna perdana yang akan diselenggarakan pada Kamis (24/10/2019).

"Cukup ya. Saya ditunggu pindahan rumah," ujarnya.

19:29 WIB

Menkominfo

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G. Plate menyatakan Presiden Joko Widodo memberinya tugas untuk mengurusi persoalan ekonomi digital.

Secara umum, dia menjelaskan pertemuannya dengan Jokowi lebih banyak membahs mengenai pengembangan start up, regulasi perlindungan data pribadi, dan digitalisasi data.

"Iya tadi sudah berdiskusi bertemu dengan Presiden ada beberapa arahan terkait dengan penugasan-penugasan yang akan dikerjakan. Pertemuannya gak lama, sebentar aja, dan to the point sekali pembahasannya," jelasnya.

(Reportase Amanda Kusumawardhani)

19:00 WIB

Menteri Agraria

Sofyan Djalil, mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang, mendapatkan tugas dari Presiden Joko Widodo untuk mempercepat reforma agraria.

Sofyan mengatakan pertemuannya dengan Jokowi kebanyakan membahas soal memberikan kepastian hukum dan pertanahan serta inklusi finansial bagi masyarakat.

"Rasanya sih melanjutkan pekerjaan yang belum selesai. Masalah agraria, masalah redistribusi, masalah reforma agraria," katanya.

(Reportase Amanda Kusumawardhani)

18:13 WIB

22 Calon Dipanggil

Hari ini, Selasa (22/10/2019), hingga pukul 18.00 WIB sudah 22 orang dipanggil Jokowi. Namun, dari 22 orang itu belum ada calon dari Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional, yang melakukan pendekatan ke Jokowi sebelum pelantikan Jokowi.

Nama 22 orang yang dipanggil hari ini adalah Sri Mulyani, Agus Gumiwang Kartasasmita, Juliari Peter Batubara, Siti Nurbaya Bakar, Suharso Monoarfa, Syahrul Yasin Limpo, Basuki Hadimuljono, Fachrul Razi, Ida Fauziyah, Bahlil Lahadalia, Abdul Halim Iskandar, Budi Karya Sumadi, Yasonna Laoly, Tjahjo Kumolo, Moeldoko, Sofyan Djalil, Bambang Brodjonegoro, Johnny G. Plate, Agus Suparmanto, Zainudin Amali, Teten Masduki, dan Terawan Agus Putranto.

Kemarin, Senin (21/10/2019), Jokowi sudah memanggil 11 orang, yaitu Mahfud MD, Tetty Paruntu, Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Praktino, Nico Harjanto, Fadjroel Rachman, Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto bersama Wakil Ketua Umum Gerindra Edhy Prabowo.

Dengan demikian total Jokowi sudah memanggil 33 orang dalam dua hari ini.

18:04 WIB

Menteri Perhubungan

Budi Karya Sumadi menuturkan dirinya mendapat tugas untuk meneruskan posisinya sebagai Menteri Perhubungan.

"Tugas yang selalu disampaikan oleh Pak Presiden bahwa indonesia dengan pulau yang banyak, terjadi konektivitas yang baik, secara khusus mendukung pariwisata dan mendukung bagaimana logistik bertambah baik.  Jadi saya ditugaskan melanjtukan tugas saya sebagai menteri perhubungan," ujarnya. (Reportase  Rinaldi M Aska)

17:45 WIB

Terawan Agus Putranto

Kepala RSPAD Gatot Soebroto, dokter Terawan Agus Putranto, ikut dipanggil Jokowi. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

17:14 WIB

Komentar Fachrul Razi soal Prabowo

Fachrul Razi mengaku hubungannya dengan Prabowo Subianto cukup dekat sehingga secara pribadi, dia tidak bermasalah dengan Prabowo.

Fachrul sendiri pernah menjadi Wakil Ketua Dewan Kehormatan Perwira (DKP) yang meneken surat rekomendasi pemecatan Prabowo.

Pada saat yang sama, Fachrul dan Prabowo adalah dua orang yang dipanggil oleh Presiden Joko Widodo untuk menduduki kursi menteri pada pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Saya dengan Prabowo biasa-biasa saja ketemu peluk-pelukan, makan sama-sama. Gak ada yang aneh dalam sistem yang terbangun baik masalah kedinasan, pribadi tidak terganggu," ujarnya. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

17:03 WIB

Teten Masduki

Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak 2 September 2015 hingga 17 Januari 2018, dipanggil Jokowi ke Istana Presiden, Selasa 22 Oktober 2019.

Pemanggilan itu merupakan bagian dari pertunjukan kepada publik calon-calon menteri atau staf khusus yang akan bekerja di Kabinet Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada periode 2019-2024.

Datang sekitar pukul 16.30 WIB, Teten mengacungkan jempol kepada wartawan Istana. Sama seperti calon-calon menteri lain, Teten tidak menyampaikan keterangan apapun sebelum masuk ke Istana. (Reportase Yodie Hardiyan)

16:53 WIB

Zainudin Amali

Zainudin Amali, politisi Partai Golkar, ikut dipanggil Jokowi ke Istana Negara terkait pembentukan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

16:22 WIB

Agus Suparmanto

Agus Suparmanto, Ketua Umum Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) menghadap Presiden Jokowi di Istana Presiden. (Reportase Yodie Hardiyan)

16:06 WIB

Johnny G. Plate

Politisi Partai Nasdem Johnny G. Plate terlihat memasuki Istana Presiden. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:59 WIB

Bambang Brodjonegoro

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas demisioner Bambang Brodjonegoro datang ke Istana Presiden. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:57 WIB

Sofyan Djalil

Menteri Agraria dan Tata Ruang demisioner Sofyan Djalil menghadap ke Istana Negara. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:46 WIB

Moeldoko

Kepala Staf Kepresidenan Indonesia demisioner Moeldoko terlihat datang ke Istana Presiden. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:44 WIB

Tjahjo Kumolo

Menteri Dalam Negeri demisioner Tjahjo Kumolo hadir di Istana Presiden. Selain menjabat Menteri Dalam Negeri, politisi PDIP itu juga menjadi Plt Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:40 WIB

Yasonna Laoly

Mantan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly datang menghadap Jokowi. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:37 WIB

Menteri Tenaga Kerja

Ida Fauziyah, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), menyatakan pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo lebih banyak membahas mengenai persoalan ketenagakerjaan.

"Ngobrol tentang penciptaan lapangan kerja, tentang implementasi kartu kerja seputar itu," katanya.

Secara umum, dia diminta untuk membanti Jokowi pada periode 2019-2024. Kendati demikian, Ida menolak menjawab pertanyaan mengenai posisinya di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Beliau sendiri yang akan mengumumkan nya. Tunggu besok ya," ujarnya. 

(Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:32 WIB

Budi Karya Sumadi

Menteri Perhubungan demisioner Budi Karya Sumadi hadir ke Istana Presiden. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:25 WIB

Abdul Halim Iskandar

Politikus PKB Abdul Halim Iskandar datang ke Istana Presiden. Dia tak lain adalah kakak Muhaimin Iskandar Ketua Umum PKB. (Reportase Amandakusumawardhani)

15:15 WIB

Bahlil Lahadalia

Bahlil Lahadalia, mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) datang ke Istana Kepresidenan.

Bahlil datang sekitar pukul 13.11 WIB dan mengenakan baju putih layaknya sejumlah tamu yang diundang Jokowi. Menurutnya, kedatangannya ke Istana Kepresidenan untuk memenuhi undangan dari Kementerian Sekretariat Negara.

"Semalam dihubungi protokol," katanya singkat.

Ketika ditanya mengenai jabatan menteri yang akan diembannya pada Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin 2019-2024, putra asli Papua ini menjawab belum mendapatkan informasi." Belum tahu," ujarnya.

Sebelumnya, Bahlil sendiri sempat terang-terangan ingin menjadi menteri pada kabinet kedua pada kepemimpinan Jokowi. Bak gayung bersambut, Jokowi pun juga mengatakan hal yang sama.

15:05 WIB

Ida Fauziyah

Ida Fauziyah yang pernah menjadi calon wakil gubernur dan berpasangan dengan Sudirman Said dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah pada 2018 ini mengaku datang terlalu awal di Istana Kepresidenan.

"Saya harusnya datang jam 2 tapi kecepatan," ujarnya singkat. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

15:02 WIB

Fachrul Razi

Fachrul Razi dan Ida Fauziyah adalah dua tokoh yang datang hampir bersamaan untuk memenuhi undangan Presiden Joko Widodo ke Istana Kepresidenan.

Fachrul datang sekitar 12.51 WIB sedangkan Ida datang tak lama setelah Facrul masuk ke Istana Kepresidenan sekitar pukul 12.53 WIB.

Fachrul Razi yang merupakan mantan Panglima TNI pada 1999-2000 dan Ida Fauziyah yang merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini kompak datang dengan mengenakan baju putih.

"Dipanggil oleh mensesneg [menteri sekretaris negara] jam 10 malam," katanya. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

14:51 WIB

Posisi Bappenas

Suharso Monoarfa, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memberikan sinyal bahwa dirinya akan menjadi calon menteri Perencanaan Pembangunan Nasional.

Pasalnya, dia bercerita bahwa Presiden Jokowi memintanya untuk road map yang akan dipresentasikan di sidang kabinet paripurna pertama di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

"[Road map] untuk menjelaskan kepada kabinet mengenai hal itu dan selebihnya membicarakan tentang ekonomi secara umum keadaan ekonomi global dan tentang ketenagakerjaan, industri, dan tentang riset teknologi, inovasi dan lainya," ujarnya. (Reportase Amandakusumawardhani)

12:14 WIB

Kehutanan & Lingkugan Hidup

Siti Nurbaya dari Partai Nasdem menegaskan pentingnya pembentukan lapangan kerja dari sektor perkebunan dan kehutanan. Secara eksplisit kader Partai Nasdem itu menegaskan bahwa mendapat tugas untuk meneruskan bidang Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup.

12:10 WIB

Manufaktur & Industri

Agus Gumiwang Kartasasmita diberi tugas untuk pengembangan sumber daya manusia terkait transformasi di bidang industri dan manufaktur.

12:07 WIB

Bidang Kemiskinan dan Bencana

Ari Batubara mengakui mendapat tugas dari Jokowi untuk menangani kemiskinan dan mempercepat penangan korban bencana alam.

11:36 WIB

Basuki Hadimuljono

Basuki Hadimuljono,  Menteri PUPR demisooner, terlihat memasuki Istana Kepresidenan. Kedatangannya tersebut diakuinya untuk memenuhi undangan dari Presiden Joko Widodo. Tak jauh berbeda dengan tokoh-tokoh lain yang hadir, Basuki juga mengenakan baju putih karena mendapatkan arahan dari protokoler istana.

"Baru saja [dihubungi], ini langsung. Lewat telepon saja," katanya singkat. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

11:30 WIB

Bidang Pangan & Pertanian

Syahrul Yasin Limpo mengatakan diberi kepercayaan Jokowi untuk memegang posisi agar rakyat Indonesia terjamin kehidupannya dengan lebih baik, lebih tenteram, dan terpenuhi kebutuhannya dasarnya lebih khusus di bidang pangan, perkebunan, perikanan. (Reportase Yodie Hardiyan)

11:22 WIB

Suharso Monoarfa

Pukul 11.17 WIB, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa adalah orang keenam yang dipanggil Presiden Joko Widodo.

Suharso yang mengenakan baju putih ini datang sekitar pukul 11.05 WIB. Ketika ditanya awak media perihal kedatangannya ke Istana Kepresidenan, dia hanya menjawab bahwa dirinya akan memberikan keterangannya seusai bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Pasti saya akan bicara," katanya singkat. (Reportase Amanda Kusumawardhani)

10:36 WIB

Sri Mulyani tetap Menkeu

Sri Mulyani menegaskan dirinya ditunjuk Jokowi untuk kembali memegang posisi sebagai Menteri Keuangan. Poin yang ditekankan Jokowi kepada Sri Mulyani adalah penciptaan lapangan kerja, pemberdayaan UKM, dan perbaikan perekonomian nasional. (Reportase Yodie Hardiyan)

10:25 WIB

Siti Nurbaya

Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan demisioner, memasuki Istana Presiden. (Reportase Yodie Hardiyan)

10:17 WIB

Ari Batubara

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Juliari Peter Batubara terlihat memasuki Istana Presiden. Kader PDIP yang akrab dipanggil Ari Batubara tersebut saat ini menjabat Presdir perusaahaan pelumas PT Wiraswasta Gemilang Indonesia.

10:07 WIB

Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Sosial demisioner Agus Gumiwang Kartasasmita terlihat memasuki Istana Presiden. Agus Gumiwang adalah wakil Partai Gokar di Kabinet Jokowi-JK.

09:39 WIB

Syahrul Yasin Limpo

Syahrul Yasin Limpo hadir di Istana Presiden. Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu dipanggil Jokowi memawiki Partai Nasdem. Sambil menebar senyum, kader partai Nasdem itu masuk ke Istana Presiden melalui pintu biasa. (Reportase Yodie Hardiyan)

09:09 WIB

Sri Mulyani

Pada pukul 09.03, Menteri Keuangan demisioner Sri Mulyani memasuki Istana Presiden. Tidak banyak komentar, mantan Direktur Eksekutif Bank Dunia itu hanya tersenyum melambaikan tangan saat memsuki Istana Presiden. (Reportase Yodie Hardiyan)

Tag : Kabinet Jokowi-Ma\'ruf
Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top