Jokowi Panggil Calon Menteri Hari Ini. Live Report di Sini

Presiden Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi Siang hari ini, Senin (21/10/2019), memperkenalkan menteri baru  Kabinet Kerja 2019-2024. Ini live streamingnya.
Tim Bisnis Indonesia Tim Bisnis Indonesia | 21 Oktober 2019 18:00 WIB
Jokowi Panggil Calon Menteri Hari Ini. Live Report di Sini
Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo seusai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (21/10/2019) - Bisnis/Amanda Kusuma Wardhani

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo yang akrab dipanggil Jokowi Siang hari ini, Senin (21/10/2019), memperkenalkan menteri baru  Kabinet Kerja 2019-2024.

Kabar yang telah memviral menyebutkan setidaknya ada tujuh menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019 yang dipertahankan Jokowi, yaitu Sri Mulyani (sebelumnya Menteri Keuangan), Susi Pudjiastusi (sebelumnya Menteri Kelautan dan Perikanan), Retno Marsudi (sebelumya Manteri Luar Negeri), Basuki Hadimuljono, Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro (sebelumnya Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional), Sofyan Djalil (Sebelumnya Menteri Agraria dan Tata Ruang, dan Budi Karya Sumadi (SebelumnyasMenteri Perhubungan).

Benarkah tujuh menteri Kabinet Kerja 2014-2019 itu dipertahankan? Apakah mereka masih tetap di posisinya? Siapakah menteri-menteri barunya? Apakah calon dari Gerindra, Demokrat, dan PAN jadi masuk kabinet?

Simak laporan live-nya di sini.

18:00 WIB

10 Calon Dipanggil

Hingga pukul 18.00 WIB, sudah 10 orang dipanggil Jokowi terkait penyusunan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Mereka adalah Mahfud MD, Tetty Paruntu,
Nadiem Makarim, Wishnutama, Erick Thohir, Praktino, Nico Harjanto, Fadjroel Rachman, Airlangga Hartarto, dan Prabowo.

17:56 WIB

Prabowo di Bidang Pertahanan

Setelah bertemu Jokowi, Prabowo memastikan bahwa Gerindra berada di koalisi pemerintahan Jokowi. Adapun dirinya diminta Presiden menjadi calon menteri pertahanan.

“Kami diminta untuk memperkuat kabinet beliau dan saya sudah sampaikan, keputusan kami dari Partai Gerindra apabila diminta, maka kami siap membantu. Dan hari ini resmi diminta dan kami sanggupi untuk membantu,” kata Prabowo.

“Beliau izinkan untuk menyampaikan bahwa saya diminta untuk membantu beliau di bidang pertahanan dan saya akan bekerja seikhlas mungkin untuk mencapai sasaran yang ditentukan.”

“Beliau sendiri yang akan mengumumkannya. Intinya adalah beliau sendiri yang akan mengumumkan.” 

(Reportase Amanda Kusumawardhani)

16:24 WIB

Prabowo Merapat

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo bersama Wakil Ketua Gerindra Edhy Prabowo datang ke Istana Kepresidenan.  Apakah Prabowo juga mendapatkan posisi di Kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin atau sekadar menyodorkan calon menteri dari Gerindra? (Reportase Amanda Kusuma Wardhani).

16:00 WIB

Fadjroel Jadi Jubir

Mochammad Fadjroel Rachman mengindikasikan bakal membantu Presiden Joko Widodo pada kepemimpinan keduanya periode 2019-2024.

Fadjroel yang dikenal lus sebagai aktivisi ini mengenakan baju putih dan datang bersamaan dengan Nico Harjanto, serta Pratikno pada pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan, Senin (21/10/2019).

Diskusi dengan Presiden Jokowi dimulai dengan makan siang yang juga ditemani oleh Pratikno, mantan Menteri Sekretaris Negara periode 2014-2019.

"Diskusi lebih banyak soal pidato yang disampaikan kemarin. Mengenai apa saja poin terpenting dalam pidato kemarin, apakah mungkin bisa ditangkap langsung oleh publik," katanya.

Secara umum, dia mengungkapkan kesediaannya jika diminta untuk membantu Jokowi pada periode keduanya ini.

"Saya mengatakan kepada Pak Jokowi bahwa saya bersedia menerima apapun yang dipeintahkan kepada saya untuk membantu beliau dan untuk negara ini," jelasnya.

Ketika ditanya mengenai jabatan yang akan diembannya nanti, Fadjroel mengungkapkan belum bisa membeberkannya karena hal itu adalah hak prerogatif Presiden.

Namun, dia sempat meminta bantuan kepada rekan media supaya bisa diterima dan bekerjasama pada periode mendatang.

Permintaan itu sekaligus memperkuat opini yang menyebutkan bahwa dia akan ditempatkan di sektor yang banyak berhubungan dengan komunikasi publik.

(Reportase Amanda Kusuma Wardhani)

14:25 WIB

Fadjroel Rachman dan Nico Harjanto

Praktino (Menteri Sekretariat Negara), Nico Harjanto, dan Mochammad Fadjroel Rachman terlihat hadir ke Istana Presiden mengenakan baju putih.

Mochammad Fadjroel Rachman adalah seorang peneliti, penulis, pengamat politik dan aktivis mahasiswa tahun 1980 hingga 1998. Dia adalah salah satu tokoh relawan Jokowi.

Sementara itu Nico Harjanto adalah pendiri lembaga riset Populi Center dan menjadi staf khusus Mensesneg. (Reportase Yodie Hardiyan)

12:26 WIB

Tito Karnavian

Kapolri Jendral Polisi Tito Karnavian hadir ke Istana Presiden didampingi Kepala Divisi Humas (Kadiv Humas) Mabes Polri Inspektur Jendral Muhammad Iqbal. (Reportase Amanda Kusuma Wardhani).

Kehadiran Tito yang mengenakan seragam dinas lengkap melalui pintu belakang memang cukup mengherankan karena dia biasanya masuk ke Istana Presiden lewat pintu Wisma Negara yang berada di samping Istana Negara.

"Dipanggil presiden, tapi saya kira ini mengenai situasi kantibmas [keamanan, ketertiban nasional]. Kemarin pelantikan, pengamanan pelantikan. Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar, dengan baik, kerja sama TNI, Polri sangat luar biasa, dan stakeholder lainnya," katanya singkat, Senin (21/10/2019).

Dia pun merasa bersyukur kepada semua pihak karena pemilu dapat berlangsung secara aman dan lancar, meski masa pemilu kali ini lebih panjang dibandingkan biasanya.

Ketika ditanya apakah kedatangannya ke Istana terkait posisi menteri, dia mengemukakan belum mendapatkan informasi mengenai hal itu.

Tak hanya itu, Tito juga mengungkapkan kedatangannya yang mengenakan baju dinas lengkap dan bukannya baju putih karena dia masih menjadi anggota kepolisian aktif.

Tito merupakan orang keenam yang dipanggil Jokowi pada Senin (21/201/2019) pagi hingga siang ini. Sebelumnya, sosok pertama yang datang adalah Mahfud M. D., Christiany Eugenia Tetty Paruntu, Nadiem Makarim, Wishnutama, dan Erick Thohir.

11:49 WIB

Nadiem Mundur dari Gojek

Bos Gojek, Nadiem Makarim, menyatakan mundur dari perusahaan teknologi yang didirikannya seiring rencana penetapan dirinya sebagai menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

"Posisi saya di Gojek sudah mundur dan tidak ada kewenangan sama sekali. Per hari ini sudah sama sekali posisi maupun kewenangan apapun di Gojek," katanya seusai bertemu Presiden di Istana, Senin (21/10/2019).

Nadiem mengatakan tawaran masuk ke kabinet oleh Jokowi merupakan "suatu kehormatan yang biasa". Nadiem mengaku menerima tawaran dari Presiden tersebut.

Di samping itu, lulusan Universitas Harvard ini menyatakan dirinya sangat senang karena pemanggilan dirinya menunjukkan bahwa Indonesia siap berinovasi dan maju di masa mendatang.

Dia mengaku belum membicarakan mengenai posisi spesifik di Kabinet karena hal tersebut merupakan hak prerogatif Presiden. Nadiem mengaku dirinya dan Jokowi telah mendiskusikan mengenai butir-butir visi Presiden, terutama mengenai pengembangan sumber daya manusia (SDM), reformasi birokrasi dan peningkatan investasi.

(Reportase Yodie Hardiyan)

11:19 WIB

Eric Tohir dan Wishnutama

Wishnutama Kusubandio pendiri dan Komisaris Utama NET hadir di Istana Negara. Dia sukses merancang acara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dan kampanye Jokowi.

Menyusul kemudian hadir Eric Tohir. Eric Tohir dan Wishnutama adalah duet di balik kesuksesan acara kampanye Jokowi. (Reportase Yodie Hardiyan)

11:06 WIB

Mahfud Rahasiakan Posisi

Pakar hukum Mahfud MD menyatakan bersedia menjadi menteri di pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada periode 2019-2024.

Pernyataan itu disampaikan oleh Mahfud seusai bertemu oleh Presiden di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Mahfud adalah tokoh pertama yang muncul pertama kali di depan wartawan Istana pada Senin pagi ini.

"Saya tadi dipanggil oleh bapak presiden. Intinya saya diminta beliau untuk menjadi salah seorang menteri, yang kalau tidak berubah akan dilantik besok lusa, hari Rabu (23/10/2019). Pagi sudah berkumpul di sini," kata Mahfud tanpa bersedia menjelaskan secara definitit posisi menteri untuk dia.

"Kalau dari cerita-cerita saya tadi dengan bapak Presiden bisa di bidang hukum, bisa di politik, dan bisa di agama juga. Seperti yang selama ini diisukan. Kan saya banyak disebut, katanya Menkumham, Jaksa Agung, Menteri Agama, katanya apa lagi. Pokoknya di bidang itu," kata Mahfud.

(Reportasi Yodie Hardian)

10:55 WIB

Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri yang dirumorkan tetap dipertahankan Jokowi, terlihat mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat bertolak ke Jepang melalui Lanud Halim Perdana Kusuma. 

Atas perintah Presiden Jokowi, Retno Marsudi diminta mendampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kunjungan kenegaraannya ke Jepang dalam rangka Pelantikan Kaisar Jepang, Kasiar Naruhito. (Reportase Anggara Fernando).

10:26 WIB

Nadiem Makarim

Bos Gojek Nadiem Makarim memasuki Istana Negara. (Reportase Yodie Hardiyan).

10:20 WIB

Mahfud dan Christiany Eugenia

Mahfud MD dan Bupati Minahasa Selatan (2010-2015) Christiany Eugenia Paruntu terlihat datang ke Istana Negara. Pos menteri apa untuk mereka berdua? (Reportase  Yodie Hardiyan)

Tag : kabinet kerja, Kabinet Jokowi-Ma\'ruf
Editor : Sutarno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top