Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nadiem Makarim Jadi Santapan Media Asing

Masuknya nama Nadiem Makarim ke dalam jajaran calon menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin terbukti mampu memikat media internasional dan menempatkannya dalam judul-judul pemberitaan.
Salah satu pendiri yang juga CEO Gojek Nadiem Makarim melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019)./ANTARA FOTO-Wahyu Putro A.
Salah satu pendiri yang juga CEO Gojek Nadiem Makarim melambaikan tangannya saat berjalan memasuki Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019)./ANTARA FOTO-Wahyu Putro A.

Bisnis.com, JAKARTA – Ihwal masuknya Nadiem Makarim ke dalam jajaran calon menteri kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi santapan awak media.

Tak hanya disorot di dalam negeri, nama besar Bos Gojek tersebut terbukti mampu memikat media internasional dan menempatkannya dalam judul-judul pemberitaan.

Tak lama setelah tersiar kabar dipanggilnya sosok muda berusia 35 tahun itu ke Istana Presiden pada Senin (21/10/2019), laman South China Morning Post mempublikasikan berita dengan judul “Indonesia’s Gojek CEO Nadiem Makarim resigns to join new Jokowi Government”.

Outlet berita yang dimiliki Alibaba Group ini mengabarkan bahwa Nadiem disebut-sebut  kemungkinan akan diserahi tanggung jawab sebagai menteri yang bertanggung jawab di bidang pendidikan atau mengurusi usaha kecil dan menengah.

Selain South China Morning Post, ada pula CNBC yang mengonfirmasikan perihal bergabungnya Nadiem dalam kabinet baru Presiden Jokowi melalui judul “Gojek names co-CEOs after founder Makarim leaves to join Indonesia’s new cabinet”.

Kantor berita berbasis di Amerika Serikat (AS) ini mengabarkan perihal pengumuman sosok pengganti Nadiem setelah CEO perusahaan penyedia layanan transportasi daring itu memutuskan menerima tawaran Presiden Jokowi untuk bergabung.

“Kami sangat bangga bahwa founder Gojek kami akan memainkan peran signifikan dalam membawa Indonesia maju ke panggung dunia,” tulis juru bicara Gojek dalam suatu pernyataan.

Gojek disebut akan menghadirkan pemimpin baru, Andre Soelistyo, Presiden Gojek Grup dan Kevin Aluwi, co-founder Gojek untuk berbagi tanggung jawab menjalankan perusahaan sebagai co-CEO.

Tak ingin ketinggalan, media asal Singapura Channel News Asia merilis berita berjudul “Gojek CEO Nadiem Makarim quits to join Indonesian cabinet, replacements named” pada Senin (21/10) dengan mengutip laporan Reuters.

Nadiem dituliskan mengaku akan mundur dari jabatannya di Gojek karena menerima posisi sebagai menteri. Berdasarkan informasi dari media di Tanah Air, Nadiem disebut-sebut berpotensi mengisi peran menteri di bidang ekonomi digital atau pendidikan.

Kepastian dan perincian mengenai peran Nadiem sendiri dikabarkan akan diumumkan oleh Presiden Jokowi pekan ini.

Sementara itu, melalui artikel Bloomberg berjudul “Gojek’s 35-Year-Old Chief is Joining Indonesia’s New Cabinet”, founder perusahaan modal ventura East Ventures, Willson Cuaca melihat bahwa kabinet baru Presiden Jokowi akan diramaikan oleh kalangan muda dengan kemampuan mumpuni.

“Ini menunjukkan bahwa Indonesia menghargai apa yang telah mereka lakukan untuk negara ini. Bagi Gojek, perusahaan mencapai titik bahwa meskipun Nadiem mengundurkan diri, bisnis berjalan seperti biasa,” terang Willson.

Mengawali Gojek pada tahun 2010, Nadiem Makarim terpilih sebagai salah satu dari 50 tokoh yang mendefinisikan bisnis global pada tahun 2018 oleh Bloomberg Businessweek.

Dewasa ini, Gojek memiliki lebih dari 2 juta driver dan 400.000 merchant, sementara aplikasinya telah diunduh lebih dari 155 juta kali di Asia Tenggara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper