Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Perppu KPK, Hari Ini Ribuan Mahasiswa Gelar Aksi di Depan Istana

Ribuan mahasiswa diperkirakan bakal menggelar aksi di depan Istana Negara, Kamis (17/10/2019). Massa kembali menuntut Presiden untuk menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang guna menarik Revisi UU KPK.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 17 Oktober 2019  |  08:11 WIB
Aksi menolak sejumlah rancangan undang-undang di antaranya RKUHP, dan RUU KPK di Palembang Rusuh. Polisi mulai menembakan gas air mata, Selasa (24/9). - Bisnis/Dinda Wulandari
Aksi menolak sejumlah rancangan undang-undang di antaranya RKUHP, dan RUU KPK di Palembang Rusuh. Polisi mulai menembakan gas air mata, Selasa (24/9). - Bisnis/Dinda Wulandari

Bisnis.com, JAKARTA - Ribuan mahasiswa diperkirakan bakal menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara, Kamis (17/10/2019). Massa kembali menuntut Presiden untuk menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang guna menarik revisi UU KPK.

Mahasiswa berasal dari kampus di wilayah Jabodetabek dan Banten. Ini merupakan aksi kesekian kali yang digelar oleh mahasiswa sebagai protes terhadap Revisi UU KPK yang mulai berlaku hari ini.

"[Peserta aksi dari] Kampus wilayah Jabodetabek dan Banten," kata Ghozi Basyir, Koordinator Media BEM SI saat dikonfirmasi Bisnis, Kamis, (17/10/2019).

Aksi hari ini rencananya akan berlangsung sekitar pukul 13.00 WIB hingga menjelang malam. Mereka akan memadati area Patung Kuda hingga Istana Negara.

Dalam seruan aksi yang beredar, Muhamad Abdul Basit Koordinator Wilayah BEM Se-Jabodetabek Banten menyebut arus gerakan masyarakat terus menerus terdengar di setiap sudut wilayah Tanah Air.

"Semua mendesak pemerintah untuk menghentikan berbagai hal buruk yang terjadi di Negeri tercinta ini," ujarnya.

Dia menilai DPR sebagai lembaga legislatif tertinggi mencoret reformasi dengan mengesahkan RUU KPK yang sudah disahkan bulan lalu. "Semangat reformasi akhirnya dikorupsi," sebutnya.

Situasi ini menjadikan satu-satunya harapan ada pada sikap Presiden untuk mengeluarkan Perppu. Namun hingga kini belum ada tanda-tanda Jokowi bakal mengeluarkan peraturan tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr unjuk rasa revisi uu kpk
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top