Dukungan Bulat untuk Bamsoet Tinggal Tunggu Suara Gerindra 

Mendekati saat-saat rapat Paripurna MPR, jumlah parpol yang mendukung Bambang Soesatyo semakin dominan. Mufakat tinggal menunggu suara dari Gerindra.
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 03 Oktober 2019  |  17:59 WIB
Dukungan Bulat untuk Bamsoet Tinggal Tunggu Suara Gerindra 
Politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menaiki mobil listrik seusai menemui Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (15/7/2019). - ANTARA/Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA — Mendekati saat-saat rapat Paripurna MPR, jumlah parpol yang mendukung Bambang Soesatyo semakin dominan. Mufakat tinggal menunggu suara dari Gerindra. 

Jalan politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo menjadi Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat makin mulus. Ini bermula saat dia mendapat restu dari Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri. 

Sekretaris Jenderal Partai Nasional Demokrat Johnny G. Plate mengatakan bahwa kini Bambang Soesatyo alias Bamsoet solid didukung delapan fraksi. Sikap itu dicapai setelah lobi-lobi antar fraksi di MPR.

“Tinggal melakukan musyawarah supaya dukungan menjadi lengkap. Seluruh fraksi koalisi [PDIP, Nasdem, PPP, PKB, dan Golkar] ditambah Demokrat, PKS, dan PAN solid mendukung Bambang Soesatyo,” kata Johnny di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Johnny menjelaskan bahwa Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dalam rapat tersebut juga menyatakan dukung Bamsoet. Ini berarti tinggal Gerindra saja yang menjagokan Ahmad Muzani berjuang sendirian. 

Meski begitu, pengambilan keputusan Ketua MPR dengan musyawarah menjadi opsi utama. Pengambilan suara jika tidak ketemu satu suara juga bisa saja terjadi. 

“MPR harus mampu mewujudkan bahwa itu lembaga permusyawaratan. Pilih pemimpin saja tidak bisa bermusyawarah, apalagi nanti di saat gagasan amandemen konstitusi kita,” jelas Johnny. 

Pengesahan ketua dan pimpinan MPR akan dilakukan malam ini. Mereka akan disumpah di depan Ketua Mahkamah Agung. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mpr, Bambang Soesatyo

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top