Pecah Telor, Puan Maharani Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama RI

Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani resmi menjabat Ketua DPR RI periode 2019-2024 sekaligus menjadi Ketua DPR pertama RI. Puan mengaku bangga karena partai menunjuknya menjadi calon Ketua DPR.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  21:43 WIB
Pecah Telor, Puan Maharani Jadi Ketua DPR Perempuan Pertama RI
Puan Maharani usai Sidang Paripurna Penetapan sebagai Pimpinan DPR RI periode 2019-2024. - Bisnis/Gloria Fransisca

Bisnis.com, JAKARTA - Politikus PDI Perjuangan Puan Maharani resmi menjabat Ketua DPR RI periode 2019-2024 sekaligus menjadi Ketua DPR pertama RI. Puan mengaku bangga karena partai menunjuknya menjadi calon Ketua DPR.

"Pecah telor pimpinan DPR perempuan setelah 70 tahun. Semoga bisa menjadi inspirasi lah," kata Puan Maharani di Ruangan Fraksi PDIP, Lantai 7 Nusantara I, Kompleks Parlemen, Senayan pada Selasa (1/10/2019).

Puan mengatakan ia juga sudah mundur dari jabatan sebagai Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI).

"Kemarin saya sudah izin pamit ke presiden untuk mundur agar bisa dilantik menjadi anggota DPR RI," kata Puan Maharani.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, posisi Ketua DPR diberikan kepada partai pemenang pemilu. PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019.

Selanjutnya posisi wakil ketua DPR akan ditempati perwakilan partai dengan perolehan suara terbanyak berikutnya secara berurutan. Untuk periode ini, jatah wakil ketua DPR diperoleh Golkar, Gerindra, PKB, dan NasDem selaku partai yang masuk lima besar suara terbanyak.

Sebelumnya, Ketua DPR Sementara Abdul Wahab Dalimunte menyatakan pemilihan Ketua DPR diberikan kepada perolehan kursi terbanyak. 

Abdul menyatakan bahwa Ketua DPR RI periode 2019-2024 adalah Puan Maharani dari PDI Perjuangan. Wakil Ketua DPR I adalah M. Aziz Syamsuddin dari Partai Golongan Karya.Wakil Ketua DPR II adalah Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra.

Kemudian Wakil Ketua DPR III adalah Rachmad Gobel dari Partai Nasdem, Wakil Ketua DPR IV adalah Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Dalam pantauan Bisnis.com, penetapan ini disambut meriah dengan tepuk tangan antusiasme segenap anggota dewan.

Rapat ini dibuka oleh para pimpinan sementara DPR yaitu Ketua H Abdul Wahab Dalimunte (80 tahun), didampingu Wakil Ketua Hillary Brigitta Lasut (23 tahun).

Untuk Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Daerah dengan Ketua - Saban Sirait  (82 tahun), dan Wakil Ketua - Jialyka Maharani (22 tahun).

Pimpinan Sementara Majelis Permusyawaratam Rakyat dengan Ketua adalah Sabam Sirait, didampingi Wakil Ketua adalah Hillary Brigitta Lasut.

Rapat diawali dengan pembacaan sejumlah susunan pemimpin sementara setiap fraksi. Hari ini ada sebanyak 575 anggota DPR RI baru saja dilantik untuk masa jabatan 2019-2024. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpr ri, puan maharani

Sumber : Tempo.co

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top