Puan Maharani Resmi Menjabat Ketua DPR RI

Dengan mengenakan pakaian kebaya berwarna merah asal Bengkulu, dengan songket yang berwarna merah, Puan Maharani maju ke mimbar untuk dilantik sebagai Ketua DPR RI.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  20:22 WIB
Puan Maharani Resmi Menjabat Ketua DPR RI
Anggota DPR RI periode 2019 - 2024 fraksi PAN Asman Abnur (kiri), Sekretaris Kabinet Pramono Anung (kedua kiri), Ketua MPR periode 2014-2019 Zulkifli Hasan (ketiga kiri), Ketua DPR periode 2014-2019 Bambang Soesatyo (kedua kanan), dan Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan Puan Maharani (kanan) berfoto bersama usai mengikuti pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 di Ruang Rapat Paripurna, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). - ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Bisnis.com, JAKARTA - Puan Maharani resmi menjadi Ketua DPR RI periode 2019-2024.

Dengan mengenakan pakaian kebaya berwarna merah asal Bengkulu, dengan songket yang berwarna merah, Puan Maharani maju ke mimbar untuk dilantik sebagai Ketua DPR RI.

Turut maju bersama Puan ada empat orang wakil ketua DPR RI yakni; M. Aziz Syamsuddin dari Partai Golongan Karya, Sufmi Dasco Ahmad dari Partai Gerindra, Rachmad Gobel dari Partai Nasional Demokrat, dan Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa.

Sebelum pengambilan sumpah jabatan, Ketua Mahkamah Agung, mengatakan jajaran pimpinan harus siap mengambil sumpah jabatan sesuai agama yang dianut yaitu Islam.

"Tanggung jawab menyelamatkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," kata Ketua Mahkamah Agung di Ruang Sidang Paripurna, Selasa (1/10/2019) malam.

Puan dan para wakil pimpinan DPR mengatakan bersumpah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai Peraturan Perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila, dan UUD 1945.

Jajaran pimpinan juga bersumpah, dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi. Serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara, daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan.

"Saya akan mewakili aspirasi rakyat yang saya yakini untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Puan dan para pimpinan.

Puan Maharani tercatat menjadi perempuan pertama yang memimpin Dewan Perwakilan Rakyat RI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
dpr ri, puan maharani

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top