Presiden Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Dialog Mahasiswa Dengan Baik

Presiden Joko Widodo meminta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengajak para mahasiswa untuk terus berdialog.
Yodie Hardiyan
Yodie Hardiyan - Bisnis.com 26 September 2019  |  12:59 WIB
Presiden Jokowi Minta Menristekdikti Ajak Dialog Mahasiswa Dengan Baik
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir. JIBI/Bisnis - Ria Theresia Situmorang

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo meminta Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengajak para mahasiswa untuk terus berdialog.

Seperti diketahui, mahasiswa dari banyak perguruan tinggi di Indonesia berdemonstrasi menentang rencana DPR mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang sejak beberapa hari lalu. Demonstrasi itu bahkan sempat berlangsung ricuh di sejumlah lokasi.

Sejumlah pihak bahkan menilai gerakan mahasiswa menentang pengesahan sejumlah RUU itu merupakan salah satu gerakan mahasiswa yang paling besar sejak era reformasi 1998. 

Nasir mengatakan Presiden menginstruksikan supaya dirinya mengajak mahasiswa berdialog. "Iya, mengajak mahasiswa untuk dialog dengan baik. Tidak melakukan turun ke jalan, tapi kembali ke kampus masing-masing," kata Nasir usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan, Kamis (26/9/2019).

Salah satu langkah nyata yang akan dilakukan Nasir adalah datang ke Semarang, Jawa Tengah, untuk berbicara dengan mahasiswa pada Jumat (27/9/2019). Nasir yang pernah terpilih sebagai Rektor Universitas Diponegoro, Semarang, itu juga akan mengunjungi Madiun, Jawa Timur, pada Jumat sore.

"[Presiden mengarahkan] mohon mahasiswa diajak bicara dengan baik. Diajak dialog dengan baik, kita lakukan, mudah-mudahan ini. Rektor lah yang bertanggung jawab kalau ada pengerahan massa," kata Nasir.

Nasir menganjurkan supaya para mahasiswa yang berdemonstrasi itu untuk kembali ke kampus, berkuliah dengan baik. Nasir mengatakan negara lain "sudah bersaing untuk era digital yang baik" sedangkan mahasiswa Indonesia "masih turun ke jalan".

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ruu kuhp, Jokowi, menristekdikti

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top