Inilah 10 Kota Teraman di Dunia

Washington D.C. masuk dalam 10 besar dalam indeks Safe Cities untuk pertama kalinya, sedangkan Hong Kong terpaksa keluar dari daftar setelah turun peringkat.
Nirmala Aninda
Nirmala Aninda - Bisnis.com 29 Agustus 2019  |  13:53 WIB
Inilah 10 Kota Teraman di Dunia
Gedung Putih di Washington DC, AS - Reuters/Jason Reed

Bisnis.com, JAKARTA -- Ada anggota baru dalam daftar kota paling aman sedunia berdasarkan peringkat yang dirilis oleh Economist Intelligence Unit.

Washington D.C. masuk dalam 10 besar dalam indeks Safe Cities untuk pertama kalinya, sedangkan Hong Kong terpaksa keluar dari daftar setelah turun peringkat.

Untuk ketiga kalinya, Tokyo menempati posisi pertama, sedangkan Singapura dan Osaka masing-masing berada di peringkat kedua dan ketiga. Hong Kong turun ke posisi ke-20 dari posisi ke-9 dalam laporan bienial edisi 2017.

Kota-kota Asia-Pasifik mendominasi 10 besar, antra lain Sydney, Seoul, dan Melbourne.

Amsterdam, Kopenhagen dan Toronto melengkapi daftar teratas. London dan New York sama-sama melompati enam peringkat dan menempati posisi ke-14 dan ke-15.

Indeks ini memeringkat 60 kota di lima benua, memeriksa faktor-faktor digital, kesehatan, infrastruktur dan keamanan pribadi untuk menilai keamanan perkotaan secara keseluruhan.

Kota-kota yang memimpin indeks keamanan menawarkan akses mudah ke perawatan kesehatan berkualitas tinggi, tim cybersecurity berdedikasi, perencanaan bencana yang berkesinambungan serta patroli polisi di sekitar masyarakat.

"Secara keseluruhan, ketika kekayaan adalah salah satu penentu keselamatan yang paling penting, tingkat transparansi dan tata kelola, turut mempengaruhi skor pada indeks," kata Naka Kondo, editor laporan Safe Cities terbaru, seperti dikutip melalui Bloomberg, Kamis (29/8/2019).

Penelitian ini juga menyoroti bagaimana berbagai jenis keselamatan saling terkait, bahwa jarang menemukan kota dengan skor yang sangat baik dalam satu pilar keselamatan tetapi tertinggal pada aspek yang lain.

Angka saja tidak cukup untuk menggambarkan kesepuluh kota teraman ini.

Washington D.C. meroket ke peringkat 10 besar dari peringkat 23 pada tahun lalu berkat kemajuan yang tercatat pada faktor penentu indeks.

Sementara itu, kota-kota di peringkat 24 besar memberikan hasil skor keseluruhan yang hampir sama.

Dari Eropa, ada kota-kota seperti Paris, Frankfurt, Zurich dan Stockholm, sedangkan dari AS mencakup San Fransisco, Los Angeles dan Dallas.

Sementara itu, Asia-Pasifik adalah rumah bagi beberapa tempat teraman di dunia, beberapa kota di kawasan ini berada pada peringkat yang rendah dalam indeks.

Yangon di Myanmar berada di peringkat ke-58, disusul oleh Karachi Pakistan pada urutan ke-57 dan Dhaka, Bangladesh, menempati posisi ke-56. Kota New Delhi, India, berada di urutan ke-53.

Wilayah ini juga menunjukkan kinerja yang kurang baik pada keamanan digital dibandingkan dengan faktor-faktor lain.

"Kota-kota APAC berkinerja baik di kategori keamanan kesehatan, keamanan infrastruktur dan keamanan pribadi, tetapi rekan-rekan mereka di Amerika Utara umumnya lebih baik dalam keamanan digital," kata Kondo.


10 Kota Teraman di Dunia
Tahun Peringkat 2019

1. Tokyo
2. Singapura
3. Osaka
4. Amsterdam
5. Sydney
6. Toronto
7. Washington
8. Copenhagen
9. Seoul
10. Melbourne

Sumber; Economist Intelligence Unit, Bloomberg

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kota

Editor : Achmad Aris
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top