Kartunis Pencipta Panji Koming Tutup Usia, Berbagai Kalangan Ikut Berduka

Kartunis Dwi Koendoro alias Panji Koming tutup usia di Rumah Sakit Premier Bintaro. Namanya dikenal sebagai komikus sejak beberapa dekade lalu.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 22 Agustus 2019  |  13:18 WIB
Kartunis Pencipta Panji Koming Tutup Usia, Berbagai Kalangan Ikut Berduka
Dwi Koendoro sedang mempersiapkan panjikoming - Twitter/@sawungkampret

Bisnis.com, JAKARTA - Kartunis Dwi Koendoro pencipta  Panji Koming tutup usia di Rumah Sakit Premier Bintaro. Namanya dikenal sebagai komikus sejak beberapa dekade lalu.

Dwi Koendoro mengembuskan nafas terakhirnya pada pukul 3.14 WIB. Belum diketahui penyakit apa yang diderita kartunis kawakan tersebut.

Rencana jenazah akan disemayamkan di rumah duka Jalan Cucur Barat V Blok F3 Nomor 10 Bintaro Jaya Sektor 4, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Kepergian Dwi Koen menjadi berita duka bagi berbagai kalangan. Mereka memberikan ucapan belasungkawa mengenang kartunis senior itu.

Karakter Panji Koming, ciptaan Dwi Koendoro/Twitter-@panjikoming

"Indonesia kehilangan seorang legenda. Komik Panji Koming karya Almarhum Dwi Koen adalah komik Indonesia pertama yg gue baca, awalnya cuma karena nama yg sama. Kini membaca ulang karya almarhum," kicau Komika Panji Pragiwakso di twitternya.

"Pertama kali sampai Jakarta, dulu saya mencari Rawa Belong. Itu daerah beneran ada ternyata, karena saya mengenalnya dari kisah Sawung Kampret. Hari ini saya tahu, Pinot ternyata anaknya komikus legendaris itu, Dwi Koen.. pencipta Sawung Kampret dan Panji Koming," tulis Sutradara Fajar Nugros.

Dwi Koen dikenal sebagai kartunis senior di Kompas Gramedia. Pria yang lahir pada 13 Mei 1941 kelahiran Banjar, Jawa Barat itu menjadi karyawan bagian artistik dan ilustrator di perusahaan itu sejak 1976.

Selama beberapa dekade tersebut Dwi Koen membuat berbagai kisah berlatar belakang zaman dulu namun tetap menggambarkan isu di masa sekarang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
obituari

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top