Ini 9 Tanda Bahwa Anda Memiliki Pekerjaan yang Tepat

Jika melihat pekerjaan Anda saat ini, apakah Anda sudah merasa puas? Ketika melihat atasan Anda di kantor, apakah Anda bersemangat? Atau Anda malah sangat cemas dan ingin melarikan diri.
Tika Anggreni Purba
Tika Anggreni Purba - Bisnis.com 15 Agustus 2019  |  16:25 WIB
Ini 9 Tanda Bahwa Anda Memiliki Pekerjaan yang Tepat
Ilustrasi - Greenenterprise

Bisnis.com, JAKARTA—Jika melihat pekerjaan Anda saat ini, apakah Anda sudah merasa puas? Ketika melihat atasan Anda di kantor, apakah Anda bersemangat? Atau Anda malah sangat cemas dan ingin melarikan diri.

Apapun profesi Anda, pekerjaan akan terasa memuaskan apabila memenuhi kriteria seperti bos yang Anda hormati hingga adanya rekan kerja yang Anda senangi di tempat kerja. Jika Anda puas dengan pekerjaan itu, Anda biasanya akan betah di situ.

Berikut ini 9 tanda bahwa Anda bekerja di tempat yang tepat. Hal ini juga dapat digunakan sebagai dasar untuk kualitas pekerjaan yang sebaiknya Anda cari jika menginginkan kepuasan dalam bekerja:

1.      Atasan yang dikagumi

Pemimpin Anda akan mengatur iklim organisasi. Jika bos Anda adalah sosok yang menginspirasi, Anda beruntung. Kepuasan kerja pasti meningkat ketika bos menjalankan nilai-nilai yang baik, bertindak dengan integritas, dan memiliki gaya komunikasi yang transparan dan jujur. Anda akan mendukung mereka dan memberikan upaya terbaik Anda.

2.      Atasan yang mendukung pertumbuhan Anda

Jika bos Anda bertindak seperti seorang pelatih (bukan pemberi tugas), Anda beruntung. Anda berarti tengah dipersiapkan untuk peran dan tanggung jawab yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan atasan yang sering menantang Anda dengan proyek yang menarik dan memberikan Anda kredit sepenuhnya. Ketika atasan ingin Anda sukses, Anda sedang menjalani pekerjaan yang memuaskan.

3.      Produktif

Atasan yang mau bertanya dan mendengar ide-ide Anda untuk kontribusi terbaik bagi perusahaan adalah salah satu contoh pemimpin yang baik. Perusahaan memberi Anda peluang untuk melakukan sesuatu bagi perusahaan sehingga Anda merasa produktif dalam bekerja.

4.      Bos Anda menepati janji

Atasan yang baik akan menepati janjinya soal kenaikan gaji, promosi, dan sebagainya. Ketika Anda bekerja untuk seseorang yang menepati janji mereka, Anda akan mengalami kepuasan kerja yang bertahan lama.

5.      Kebijakan yang terbuka

Ketika Anda perlu menghubungi atasan Anda, mereka terbuka. Atasan yang baik tidak mengusir Anda atau membuat Anda merasa konyol. Bos yang baik akan membimbing Anda dengan senang hati.

6.      Rekan kerja yang baik

Rekan kerja yang baik akan membuat Anda merasa terbantu dan ingin membantu. Anda benar-benar merasa menjadi bagian dari tim. Bekerja dengan orang-orang yang ramah dan peduli akan menghilangkan perselisihan di tempat kerja. Hal ini menumbuhkan rasa kepercayaan dan pengertian di antara anggota tim sehingga Anda merasa puas dan bahagia.

7.      Nilai yang selaras

Anda akan menemukan kepuasan kerja sejati ketika nilai-nilai perusahaan Anda selaras dengan nilai Anda. Jika tujuan Anda berbeda dengan tujuan perusahaan, Anda tidak akan mengalami kepuasan.

8.      Anda merasa dihargai

Mendengar ucapan “terima kasih” yang tulus di kantor akan membuat Anda merasa dihargai sebagai bagian penting dari tim. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan kerja Anda.

9.      Perusahaan selalu bertumbuh

Tak masalah Anda bekerja di perusahaan baru atau perusahaan yang sudah lama, yang penting perusahaan itu mementingkan peningkatan karier dan pertumbuhan perusahaan.

Selain itu perusahaan dapat mencukupi kebutuhan Anda untuk kebutuhan lainnya seperti bekerja dari jarak jauh, memenuhi sasaran gaya hidup Anda misalnya gaya hidup sehat, memberi Anda kebebasan dan fleksibilitas untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja, dan bos atau rekan kerja Anda semua adalah orang-orang yang memiliki kecerdasan emosional yang baik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Tips Karir

Sumber : Lifehack.org

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top