Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Acara Oscar Digelar di Taiwan, China Ngambek

Otoritas film China melarang para sineas maupun film asal negeri ini untuk ambil bagian dalam upacara penghargaan tahunan Golden Horse Awards yang digelar di Taiwan.
Piala Oscar/Reuters
Piala Oscar/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas film China melarang para sineas maupun film asal negeri ini untuk ambil bagian dalam upacara penghargaan tahunan Golden Horse Awards yang digelar di Taiwan.

Hal tersebut diumumkan oleh China Film News, sebuah majalah yang diterbitkan oleh China Film Administration, dalam akun resminya di WeChat.

Tidak dijelaskan mengapa China Film Administration memboikot acara Oscar-nya sineas film China ini. Yang pasti, aksi ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan.

 “China Film Administration menyatakan bahwa mereka akan mencegah film-film dan pelaku film mereka untuk berpartisipasi dalam Golden Horse Awards ke-55 tahun 2019,” jelasnya, seperti dilansir dari Reuters.

Langkah itu dilancarkan setelah acara tahunan tersebut mengangkat pertanyaan tentang independensi Taiwan sekaligus memicu perdebatan yang melibatkan sineas film Taiwan, China daratan, dan warganet. Hubungan antara Beijing dan Taipei sejak itu menjadi lebih tegang.

Pekan lalu, China melarang warganya dari 47 kota melakukan kunjungan wisata individual ke Taiwan per 1 Agustus 2019 setelah hubungan kedua negara memanas.

"Kami tentu akan merasa kecewa jika hal itu [pengumuman] benar adanya,” tutur pihak Golden Horse Film Festival dalam sebuah pernyataan. Agenda-agenda terkait dengan acara ini ditegaskan akan tetap diadakan sesuai jadwal.

Beijing telah menggunakan panggung internasional untuk menegaskan klaim kedaulatannya atas Taiwan di tengah meningkatnya tekanan China.

Sementara itu, Taipei berulang kali mengatakan langkah-langkah China itu memiliki tujuan memanipulasi agenda pemilihan presiden pada Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper