Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Mbah Moen di Pemakaman Ma'la, Makkah

Ribuan pelayat turut menghadiri pemakaman Mbah Moen, sapaan untuk KH. Maimun Zubair di Pemakaman Ma La, Makkah, Arab Saudi. Mbah Moen meninggal Selasa dini hari waktu Makkah saat menunaikan ibadah haji pada usia 90 tahun.
Hery Trianto
Hery Trianto - Bisnis.com 06 Agustus 2019  |  17:57 WIB
Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Mbah Moen di Pemakaman Ma'la, Makkah
Para jemaah mensalatkan jenazah Mbah Moen di Makkah, Arab Saudi - Bisnis/Hery Trianto

Bisnis.com, MAKKAH - Ribuan pelayat turut menghadiri pemakaman Mbah Moen, sapaan untuk KH. Maimun Zubair di Pemakaman Ma'la, Makkah, Arab Saudi.

Mbah Moen meninggal Selasa dini hari waktu Makkah saat menunaikan ibadah haji pada usia 90 tahun.

Sebelum dimakamkan, Mbah Moen disalatkan di Masjid al-Haram, setelah salat Zuhur.

Para pelayat yang kebanyakan jamaah haji Indonesia sudah berdatangan 2 jam sebelum prosesi pemakaman dimulai pukul 13.10 waktu setempat.

Jemaah mengikuti prosesi pemakaman Mbah Moen di Makkah, Arab Saudi/Bisnis-Hery Trianto

Pemakaman dipimpin oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Tampak hadir di area pemakaman Rizieq Shihab dan Ustaz Maulana.

Mekkah atau Makkah al-Mukarramah adalah  kota utama di Arab Saudi. Kota ini menjadi tujuan utama Kaum Muslimin dalam menunaikan ibadah haji, Di kota ini terdapat sebuah bangunan utama yang bernama Masjid al-Haram dengan Kakbah di dalamnya.

Jemaah telah hadir dua jam sebelum prosesi pemakaman Mbah Moen/Bisnis-Hery Trianto

Kiai Maimun Zubeir yang lebih dikenal dengan sapaan Mbah Moen adalah salah satu ulama karismatik Indonesia. 

Kabar meninggalnya Mbah Moen di antaranya disampaikan Mantan Ketua MK Mahfud MD melalui cuitannya di akun twitter @mohmahfudmd. Disebutkan bahwa Mbah Moen meninggal Selasa pagi pukul  8.17 WIB .

"Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, insyaallah, ini bukan hoax," ujar Mahfud.

Prosesi pemakaman dipimpin Menag Lukman Hakim Saifuddin/Bisnis-Hery Trianto

Inna lillah wa innaa ilaihi raji'un. Kyai Maimoen Zubeir (Mbah Moen) wafat di tanah suci Makkah jam 8.17 WIB tadi. Beliau wafat di tempat yang dicintainya. Saya mendapat kabar langsung berita ini dari Pak Supri, salah seorang terdekat Mbah Moen. Jadi, insyaallah, ini bukan hoax.

— Mahfud MD (@mohmahfudmd) August 6, 2019
 

Lokasi makam Mbah Moen di Pemakaman Ma'la, Makkah, Arab Saudi/Bisnis-Hery Trianto

Kiai Haji Maimoen Zubair lahir di Rembang, Jawa Tengah, 28 Oktober 1928. Almarhum meninggal dunia di Makkah, 6 Agustus 2019, dalam usia 90. Mbah Moen tak hanya dikenal sebagai ulama, almarhum juga tercatat sebagai seorang politikus. Sebelum wafat, almarhum tercatat sebagai Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang serta menjabat sebagai Ketua Majlis Syariah Partai Persatuan Pembangunan.

Mbah Moen pernah menjadi anggota DPRD kabupaten Rembang selama 7 tahun. Setelah berakhirnya masa tugas, ia mulai berkonsentrasi mengurus pondoknya yang baru berdiri selama sekitar 7 atau 8 tahun. Mbah Moen tercatat pernah menjadi anggota MPR RI utusan Jateng selama tiga periode.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
obituari, Mbah Moen

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top