Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Listrik Padam, Operasional Vital RSCM tak Terganggu

Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Lies Dina Liastuti menyatakan bahwa pemadaman listrik yang terjadi tidak mengganggu layanan krusial yang ada di rumah sakit.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  16:11 WIB
RSCM Kencana - Ilustrasi/geolocation.ws
RSCM Kencana - Ilustrasi/geolocation.ws

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Lies Dina Liastuti menyatakan bahwa pemadaman listrik yang terjadi tidak mengganggu layanan krusial yang ada di rumah sakit.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan pihak RSCM memiliki backup system yang memadai dan berlapis, mulai dari gardu induk, genset, dan UPS (uninterruptible power supply).

Selain itu, dia juga menyampaikan bahwa rumah sakit memang memiliki perjanjian (MoU) khusus dengan PLN sebagai salah satu objek vital negara yang harus dijamis arus listriknya tidak mengalami kendala serius.

“Sejauh ini RSCM bisa survive. Tidak ada satu pun mesin vital penunjang kehidupan yang mati. Semuanya berjalan sesuai dengan standar operasional,” katanya ditemui di RSCM, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Lies menyebut RSCM juga siap menjalankan setiap prosedur manual dalam menangani pasien saat terjadi kondisi tak terduga. Pihaknya memiliki standar penanggulangan bencana, termasuk darurat listrik padam dengan simulasi mati lampu tiga bulan sekali.

Kendati begitu, dirinya mengungkapkan bahwa sistem teknologi informasi (IT) rumah sakit sempat mengalami gangguan, sehingga ada beberapa layanan administrasi yang harus dikerjakan secara manual, “Tapi semua data di server kami aman,” imbuhnya.

Adapun, Lies mengkhawatirkan terjadinya pemadaman berkepanjangan. Pasalnya, pemadaman Minggu (4/8/2019) kemarin telah menggunakan cadangan listrik selama 8 jam penuh sehingga perlu pengisian ulang solar yang cukup besar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

listrik pemadaman listrik rscm
Editor : Sutarno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top