Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Arc Majeur, Karya Seni Setinggi 60 Meter Dipajang di Jalan Raya Belgia

Bernar Venet, seniman asal Prancis yang merancang karya seni Ar Majeur mengatakan meskipun ada monument yang lebih tinggi dari tokoh-tokoh sejarah, karya seni ini bisa dibilang sebagai patung artistik tertinggi dari jenisnya di muka bumi.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  12:55 WIB
Arc Majeur, Karya Seni Setinggi 60 Meter Dipajang di Jalan Raya Belgia
Arc Majeur - Sumber: The Guardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Jalan tol Belgia telah dikonfirmasi bakal menjadi tempat karya seni publik Arc Majeur – yang berbentuk busur setinggi 60 meter dan 28 meter – dipamerkan.

Bernar Venet, seniman asal Prancis yang merancang karya seni Ar Majeur mengatakan meskipun ada monument yang lebih tinggi dari tokoh-tokoh sejarah, karya seni ini bisa dibilang sebagai patung artistik tertinggi dari jenisnya di muka bumi.

“Tidak ada yang seperti ini di dunia saat ini. Anda dapat melihatnya dari [jarak] 3 kilometer,” kata Vebet seperti dikutip The Guardian, Kamis (1/8/2019).

Adapun, pemilihan tempat di jalan tol Belgia, tepatnya di dekat desa Lavaux-Sainte-Anne di pinggiran kota Rocherfort dipilih dengan alasan pandangan pengemudi yang lewat dan melihat karya seni itu tidak akan terhalang oleh lampu tiang mana pun.

“Ada tiang lampu di mana-mana di Belgia. Tapi di sini antara 15-20 kilometer tidak ada tiang. Pengemudi akan bisa melihatnya dengan lebih jelas dan menariknya mereka tidak akan berhenti untuk mengamatinya. Orang-orang hanya akan bergerak dan mereka akan melewatinya dan pergi,” imbuh Venet.

Karya seni berbentuk busur raksasa ini memiliki sejarah panjang, termasuk dua upaya yang gagal untuk menginstalnya atau mengimplementasikannya di Prancis, tanah kelahiran si seniman.

Awalnya, Arc Majeur akan didirikan pada 1984 di dekat kota Auxerre yang mengarah ke Paris, tetapi dianggap melanggar kampanye dari wali kota setempat. Selanjutnya, rencana pembangunan beralih ke jalan Burgundy tetapi gagal karena alasan teknis yang ditolak oleh Venet sendiri.

Patung yang ada di Belgia ini berbentuk dua busur setinggi 28 meter dan 60 meter yang muncul dari dalam tanah di kedua sisi jalan raya. Sekitar 1.000 ton beton akan digunakan untuk mempertahankannya.  

Pembangunan busur sebagian besar didanai oleh John Cockerill Foundation, sebuah cabang filantropi CMI yang berbasis di Seraing, Belgia.

Sementara itu, beberapa karya seni tertinggi yang ada di wilayah Eropa adalah ArcelorMittal Orbit di London setinggi 114,5 meter, Sanctuary of Christ the King di Portugal setinggi 110 meter, dan patung Motherland di atas Museum of the Great Patriotic War di Ukraina setinggi 102 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni rupa kontemporer belgia
Editor : Saeno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top