Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kongres V PDI Perjuangan Akan Dihadiri Lebih Dari 15.000 Orang

PDIP disebut akan menyiapkan sejumlah hiburan untuk kader-kadernya yang datang ke Bali. Partai itu juga disebut akan menyelenggarakan malam kebudayaan di sela-sela Kongres V.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  13:43 WIB
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Bali, Rabu (8/4). Kongres PDI Perjuangan dengan salah satu agenda pokok menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2015-2020 akan berlangsung 8-12 April 2015.  - ANTARA
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyampaikan sambutan pada acara ramah tamah Kongres IV PDI Perjuangan di Hotel Inna Grand Bali Beach, Bali, Rabu (8/4). Kongres PDI Perjuangan dengan salah satu agenda pokok menetapkan Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan periode 2015-2020 akan berlangsung 8-12 April 2015. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Diperkirakan ada lebih dari 15.000 kader PDI Perjuangan yang akan datang ke Bali pada pelaksanaan Kongres Nasional V PDI Perjuangan pada 8-10 Agustus 2019 mendatang.

Menurut Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Eriko Sotarduga, dari belasan ribu orang itu ada sebanyak 2.047 utusan, peserta dan peninjau resmi Kongres V PDI Perjuangan. Sisanya, mereka datang ke Bali sebagai tim penggembira.

"Ada juga undangan VVIP dan VIP yang juga ditetapkan DPP maupun Ketua Umum. Undangan umum, VIP, VVIP kurang lebih 335 orang. Kader yang akan datang dan sudah konfirmasi sampai tadi malam itu kurang lebih 15.345 orang. Dari pengalaman kami bisa dua kali lipat kader yang beneran hadir," ujar Eriko di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

PDI Perjuangan disebut akan menyiapkan sejumlah hiburan untuk kader-kadernya yang datang ke Bali. Partai itu juga disebut akan menyelenggarakan malam kebudayaan di sela-sela Kongres V.

Kongres V PDI Perjuangan mengambil tema "Solid Bergerak untuk Indonesia Raya" dengan sub tema "Mewujudkan PDI Perjuangan Sebagai Partai Pelopor."

Awalnya, Kongres V PDI Perjuangan dijadwalkan terselenggara awal 2020. Namun, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggunakan hak prerogatifnya untuk mempercepat pelaksanaan Kongres Nasional PDI Perjuangan.

"Percepatan tersebut tidak hanya untuk menyesuaikan agenda strategis pemerintahan negara, namun juga untuk konsolidasi ideologi, politik, organisasi, kader dan seluruh sumber daya partai agar bisa memenuhi tanggung jawab dalam membangun masa depan bangsa dan negara," ujar Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Hingga sepekan sebelum penyelenggaraan Kongres V PDI Perjuangan, sudah ada pengurus parpol dari 514 kabupaten/kota dan 33 provinsi yang menyelenggarakan konferensi cabang (konfercab) dan konferensi daerah (konferda).

Hanya tersisa satu DPD PDI Perjuangan yang belum menyelenggarakan Konferda yakni dari Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Hasto mengatakan, DPD PDI Perjuangan di Aceh akan menggelar Konferda pada Sabtu (3/8). Keterlambatan di Aceh terjadi karena PDI Perjuangan ingin merangkul tokoh yang memiliki militansi dan dekat dengan masyarakat untuk menjalankan roda organisasi partai di sana.

"PDI Perjuangan menegaskan bahwa konsolidasi dalam rangka Kongres V dengan pembentukan struktur DPC dan DPD yang baru dijalankan dengan sepenuhnya menjalankan ideologi Pancasila, melalui serangkaian psikotest, penilaian berjenjang, dan meniadakan voting dalam mengambil keputusan," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip pdi perjuangan
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top