KABAR GLOBAL 10 JULI: Ketegangan Jepang-Korsel: Rantai Pasok Teknologi Tersumbat, Industri Ritel Inggris Suram

Berita mengenai ketegangan Jepang dan Korea Selatan yang menghambat rantai pasok teknologi serta industri ritel Inggris yang suram menjadi sorotan media massa hari ini, Rabu (10/7/2019).
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 10 Juli 2019  |  08:37 WIB
KABAR GLOBAL 10 JULI: Ketegangan Jepang-Korsel: Rantai Pasok Teknologi Tersumbat, Industri Ritel Inggris Suram
Bendera Korea Selatan dan Jepang. - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Berita mengenai ketegangan Jepang dan Korea Selatan yang menghambat rantai pasok teknologi serta industri ritel Inggris yang suram menjadi sorotan media massa hari ini, Rabu (10/7/2019).

Berikut ringkasan topik utama di sejumlah media nasional:

Ketegangan Jepang-Korsel: Rantai Pasok Teknologi Tersumbat. Bisnis, JAKARTA – Saat dunia fokus pada ketegangan antara Amerika Serikat dan China yang melibatkan Huawei Technologies Co., sengketa yang terjadi antara dua tetangga kaya Beijing juga memiliki implikasi yang luas pada pasar teknologi global. (Bisnis Indonesia)

Industri Ritel Inggris Suram. Penjualan ritel di Inggris mengalami pertumbuhan pada laju yang paling lambat selama 1 tahun terakhir. Kondisi ini disebabkan karena kekhawatiran tentang Brexit yang membebani belanjan konsumen. (Bisnis Indonesia)

Tarif Baja: AS Ancam China dan Meksiko. Bisnis, JAKARTA — Seperti belum puas untuk memberikan beberapa ancaman perdagangan kepada banyak mitra dagangnya selama 4 tahun berjalan masa kepemimpinannya, Pemerintahan Presiden AS Donald Trump kini mengancam akan menaikkan tarif impor baja untuk China dan Meksiko. (Bisnis Indonesia)

Harga Minyak Tersendat. Harga minyak dunia turun pada perdagangan Selasa (9/7), setelah tanda-tanda terbaru menunjukkan bahwa sengketa perdagangan internasional telah menyeret perekonomian global, kendati ketegangan di Timur Tengah mendukung harga untuk menguat. (Bisnis Indonesia)

Jual Senjata ke Taiwan, China Marah Besar ke AS. Ada kabar kurang sedap saat gencatan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China sedang dirintis. Pemicunya: Departemen Luar Negeri AS menyetujui penjualan senjata dan tank ke Taiwan senilai US$ 2,2 miliar. Antara lain: penjualan tank M1A2T Abrams, rudal Stinger dan peralatan senjata lainnya. (Kontan)

Jepang Membatasi Ekspor. Presiden Korea Selatan Moon Jae-in mendesak Jepang untuk mencabut kebijakan untuk memperketat ekspor bahan baku atas produk berteknologi tinggi ke negaranya karena akan memancing gangguan pasokan chip memori dan smartphone dari Korea Selatan. Sebelumnya keputusan ini diambil Jepang karena perselisihan mengenai tenaga kerja paksa di masa perang. (Kontan)

Perselisihan Dagang Jepang dan Korsel Memanas. Hubungan diplomatic Jepang dan Korea Selatan (Korsel) pada Selasa (9/7) dilanda ketegangan setelah memanasnya perselisihan dagang kedua negara, yang dapat mengancam pasokan ponsel pintar dan kartu chip global. (Investor Daily)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kabar global

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top