Observatorium Jordell Bank Dimasukkan ke Situs Warisan Dunia

Observatorium Jordell Bank di Cheshire, Inggris, yang merupakan salah satu tempat penelitian astronomi terdepan dalam beberapa dekade telah ditambahkan ke daftar warisan dunia UNESCO.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 08 Juli 2019  |  18:38 WIB
Observatorium Jordell Bank Dimasukkan ke Situs Warisan Dunia
Teleskop Lovell di Jodrell Bank Observatory, Inggris - Sumber: The Guardian

Bisnis.com, JAKARTA – Observatorium Jordell Bank di Cheshire, Inggris yang merupakan salah satu tempat penelitian astronomi terdepan dalam beberapa dekade telah ditambahkan ke daftar warisan dunia UNESCO.

Observatorium yang dimiliki oleh Universitas Manchaser tersebut bergabung dengan situs-situs bersejarah lainnya seperti Stonhenge, Machu Picchu, the Great Wall China, dan Taj Mahal.

Tempat tersebut pertama kali dibuka pada 1945 silam dan merupakan rumah penyimpanan dari teleskop Lovell, yakni teleskop radio terbesar ketiga di dunia yang memiliki berat sekitar 3.200 ton.

Menteri Warisan Budaya Inggris Rebecca Pow mengatakan bahwa pihdaknya sangat senang dengan penetapan Jordell Bank sebagai salah satu warisan dunia yang diakui oleh UNESCO. Observatorium itu menjadi situs warisan dunia ke-32 di Inggris.

Dia memastikan bahwa situs tersebut akan terus diperhatikan sehingga bisa menginspirasi para ilmuwan muda dan astronom di seluruh dunia, “penelitian yang pernah diselesaikan disini telah mengubah pemahaman kita tentang alam semesta,” katanya seperti dikutip The Guardian, Senin (8/7/2019).

Situs tersebut telah melacak kegiatan Amerika Serikat dan Rusia selama perlombaan antariksa beberapa dekade lalu dan mempelopori astronomi radio menggunakan gelombang radio untuk memahami alam semesta.

Observatorium sendiri telah ditampilkan dalam banyak tayangan, termasuk serial  BBC Stargazing Live, Douglas Hitchhiker’s Guide to the Galaxy, dan Doctor Who.

Direktur Jordell Bank Discovery Center Teresa Anderson mengatakan hal ini merupakan berita yang sangat baik dan membanggakan dalam sejarah Jordell Bank. Menurutnya, penetapan ini merupakan penghormatan bagi karya perintis Sir Bernard Lovell dan para ilmuwan awal hingga peneliti saat ini.

“Menerima pengakuan ini akan membantu kami menceritakan kisah mereka dan kisah komunitas yang terhubung ke situs di Inggris dan seluruh dunia,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
unesco, Cagar Budaya

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top