ITS Buka Pendaftaran Jalur Kemitraan dan Mandiri 30 Persen

Daya tampung PKM 2019 ini sebanyak 1.261 dengan berbagai program studi di Fakultas Fisika, Teknik Industri, Teknik Sipil Lingkungan dna Kebumian, Teknologi Kelautan, TI dan Komunikasi, Matematika Sains Data, Teknologi Elektro, Arsitektur Desain dan Perencanaan, serta Fakultas Bisnis Manajemen Teknologi.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 05 Juli 2019  |  12:13 WIB
ITS Buka Pendaftaran Jalur Kemitraan dan Mandiri 30 Persen
Institut Teknologi Sepuluh Nopember - Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya bakal membuka pendaftaran mahasiswa melalui jalur Program Kemitraan Mandiri (PKM) dengan porsi 30 persen dari total daya tampung program sarjana tahun ini.

Wakil Rektor 1 ITS, Adi Soeprijanto mengatakan sebanyak 30 persen daya tampung program sarjana tahun ini adalah melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), 40 persen melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan 30 persen jalur PKM.

“Jadi ITS punya MoU dengan perusahaan dan para alumni yang memang selama ini selalu bekerja sama baik pengembangan inovasi kemahasiswaan dan lain sebagainya sehingga ada jalur PKM. Namun pada prinsipnya nilai harus bagus saat seleksi,” jelasnya kepada Bisnis, Jumat (5/7/2019).

Dia menjelaskan, jalur kemitraan ini diperuntukan bagi siswa SMA/SMK/MA yang merupakan utusan instansi pemerintah/perusahaan yang telah bekerja sama dengan ITS. Sedangkan jalur mandiri diperntukkan bagi siswa dari masyarakat umum sesuai syarat dan merupakan hasil kerja sama dengan para alumni ITS.

Adapun daya tampung PKM 2019 ini sebanyak 1.261 dengan berbagai program studi di Fakultas Fisika, Teknik Industri, Teknik Sipil Lingkungan dna Kebumian, Teknologi Kelautan, TI dan Komunikasi, Matematika Sains Data, Teknologi Elektro, Arsitektur Desain dan Perencanaan, serta Fakultas Bisnis Manajemen Teknologi.

Pada 2018, jumlah peminat program kemitraan dan mandiri ini sebanyak 20.404 peminat. Prodi terbanyak yang dipilih adalah teknik industri 1.595 peminat, disusul tekni sipil 1.338 peminat, dan sistem informasi 1.063 peminat.

Jumlah mitra yang dapat mengikutikan calon mahasiswa di ITS yakni 46 perusahaan, misalnya seperti Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekanikal Indonesia (AKLI), Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya, Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, PDAM Surya Sembada, Japfa Comfeed Indonesia, Pertamina, Inka, Chandra Asri Petrochemical, dan PAL Indonesia.

Adi menambahkan, tata cara dan pendaftaran jalur PKM 2019 ini dimulai pada 18 Juni – 12 Juli 2019 melalui website ITS http://smits.its.ac.id/sarjana/#pkm . Sedangkan pengumuman kelulusan dilakukan pada 18 Juli 2019 di kampus ITS dan website, serta pendaftaran ulang bagi yang lulus pada 23-25 Juli 2019.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
its, Penerimaan Mahasiswa Baru

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top