Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

31 BUMN Bantu Korban Banjir Konawe Sultra Rp2 Miliar

PT Pertamina (persero) menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara senilai Rp2 miliar.
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019)./ANTARA-Oheo Sakti
Foto udara kondisi banjir bandang yang merendam rumah warga di Kecamatan Asera, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/6/2019)./ANTARA-Oheo Sakti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pertamina (persero) menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara senilai Rp2 miliar.

Bantuan itu dihimpun dari 31 perusahaan BUMN dan anak perusahaan yang tergabung dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri.

Selama tiga minggu musibah banjir menggenangi masyarakat Kabupaten Konawe dan Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara. Pada akhir Juni, 29 Juni 2019, masa tanggap darurat bencana banjir di Konawe dan Konawe Utara telah berakhir. Hingga masa tanggap darurat berakhir tercatat sebanyak 5.500 KK menjadi korban.

Banjir yang terjadi di bagian tenggara Sulawesi ini menyebabkan 12 kecamatan yang terendam air, 6 kecamatan di daerah Konawe dan 6 kecamatan di daerah Konawe Utara.

Untuk Kabupaten Konawe, kecamatan yang terendam banjir yakni Kecamatan Sampara, Kecamatan Pondidaha, Kecamatan Wonggeduku, Kecamatan Wonggeduku Barat, Kecamatan Routa dan Kecamatan Latoma. Sedangkan, untuk 6 kecamatan di Kabupaten Konawe Utara yakni Kecamatan Andowia, Kecamatan Asera, Kecamatan Landawe, Kecamatan Langgikima, Kecamatan Oheo dan Kecamatan Wiwirano.

Banjir parah ini merendam pemukiman, pertanian beserta fasilitas publik, menyebabkan masyarakat harus mengungsi dengan hanya mengenakan pakaian di badan tanpa membawa bahan makanan yang cukup selama pengungsian.

Unit Manager Communication & CSR PT Pertamina MOR VII Sulawesi, Hatim Ilwan menjelaskan total dana bagi korban banjir di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara Provinsi Sulawesi Tenggara telah menyalurkan bantuan hingga 29 Juni 2019 dalam program "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Konawe yang dikoordinir oleh Pertamina mencapai Rp 2 Miliar.

"Kami yang mengkoordinir langsung penyerahannya," ujar Hatim Ilwan dalam pernyataan pers yang diterima Bisnis, Kamis malam (04/07/2019).

Adapun bantuan yang diberikan terdiri dari sembako, pakaian, alas tidur, makanan cepat saji, air mineral, perlengkapan sekolah dan kebutuhan pokok utama lainnya. Bantuan disalurkan melalui posko-posko induk yang tersebar di berbagai wilayah, seperti Rumah Jabatan Bupati Konawe dan Bupati Konawe Utara yang bekerjasama dengan BNPB Provinsi Sultra, BPBD Kabupaten Konawe, BPBD Kabupaten Konawe Utara serta Korem 143/Halu Oleo," jelas Hatim.

"Bantuan ini diharapkan dapat membantu dan mengurangi beban masyarakat setempat yang menjadi korban banjir. Ini sekaligus bentuk kepedulian PT Pertamina (Persero) beserta perusahan BUMN lainnya terhadap sesama," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper