Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pelaut Sedunia Dirayakan di Tanjung Priok

Indonesia sebagai anggota Dewan Council International Maritime Organization (IMO) kategori C ikut merayakan Hari Pelaut Sedunia atau Seafarer Day yang jatuh pada 25 Juni di tiap tahun.
Ilustrasi
Ilustrasi
Bisnis.com, JAKARTA -- Indonesia sebagai anggota Dewan Council International Maritime Organization (IMO) kategori C ikut merayakan Hari Pelaut Sedunia atau Seafarer Day yang jatuh pada 25 Juni di tiap tahun.
 
Adapun pada tahun ini, seluruh unit pelaksana teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan ikut berpartisipasi dalam merayakan Hari Pelaut Sedunia yang pada hari ini (28/6/2019) dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
 
"Setiap tanggal 25 Juni, dunia merayakan Hari Pelaut Sedunia atau Day of Seafarer, termasuk Indonesia. Pada peringatan Hari Pelaut Sedunia tahun ini, Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi terhadap jasa para pelaut sekaligus mendorong kesetaraan gender kaum perempuan untuk berperan sebagai pelaut yang andal sesuai dengan tema Hari Pelaut Sedunia tahun 2019 yakni 'I Am On Board With Gender Equality'," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Amiruddin di Pelabuhan Tanjung Priok.
 
Menurutnya, dunia maritim harus didorong untuk mengangkat peran perempuan dalam jajaran profesional profesi pelaut sehingga kesetaraan dan pemberdayaan perempuan dalam komunitas maritim akan tercapai.
 
“Momentum Hari Pelaut Sedunia ini juga memberikan peluang besar bagi perempuan untuk menunjukkan peran dan kontribusi yang telah mereka berikan dalam berbagai karir dan profesi maritim, khususnya pelaut,” ujarnya.
 
Selain itu, peringatan Hari Pelaut Sedunia sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaut yang telah berkorban, baik waktu dan tenaga untuk memastikan perpindahan orang, pengiriman barang dan komoditas di dunia berjalan dengan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan. 
 
“Sebagai negara kepulauan yang memiliki jumlah pelaut yang terbesar di dunia, sudah sepatutnya kita menghargai dan menghormati jasa para pelaut Indonesia dalam mendukung perekonomian dunia, khususnya Indonesia," kata Amiruddin.
 
Dia menambahkan, sumbangsih para pelaut dunia, termasuk pelaut Indonesia sangat besar terhadap perekonomian dunia. Saat ini hampir 90% barang-barang yang ada di dunia dibawa dengan menggunakan moda transportasi laut.
Oleh karena itu, pelaut memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagai penggerak kelancaran perekonomian nasional dan dunia.
 
Pada perayaan Hari Pelaut Sedunia di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, jajaran Ditjen Perhubungan Laut menaiki sejumlah kapal yang bersandar untuk memberikan apresiasi atas peranan dan sumbangsih para pelaut yang ada di atas kapal.
 
Selain itu, bersamaan dengan perayaan Hari Pelaut Sedunia juga dilaksanakan peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni.
 
Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat untuk menjauhi segala bentuk narkoba dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam kegiatan transportasi. 
 
'Penyalahgunaan Narkoba Awal Dari Malapetaka, Say No To Drugs for Transportations Safety' adalah tagline yang diusung Kemenhub yang menjadi pesan utama kampanye antinarkoba. Pesan tersebut menekankan bahaya efek narkoba, termasuk dalam kegiatan transportasi, yang dapat mengancam keselamatan transportasi.
 
Adapun peringatan Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2019 yang mengangkat tema Listen First ini merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika sekaligus sebagai gerakan perlawanan terhadap bahaya narkotika dan obat-obatan terlarang yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, serta keamanan dan kedamaian dunia. 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper