KLHK: Program Bebersih Ciliwung Libatkan 8.000 Orang

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) melaksanakan kegiatan bersih Sungai Ciliwung atau “Bebersih Ciliwung” yang dilakukan secara serentak di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), Minggu (23/6/2019).
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 21 Juni 2019  |  12:10 WIB
KLHK: Program Bebersih Ciliwung Libatkan 8.000 Orang
Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK RM Karliansyah. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2019 dan Gerakan Bebas Sampah Plastik, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Ditjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) melaksanakan kegiatan bersih Sungai Ciliwung atau “Bebersih Ciliwung” yang dilakukan secara serentak di sepanjang daerah aliran sungai (DAS), Minggu (23/6/2019).

Kegiatan Bebersih Ciliwung tersebut akan diikuti sekitar 8.000 orang yang terdiri atas unsur KLHK, pemda, masyarakat di 33 kecamatan sepanjang DAS Ciliwung dengan lokasi pelaksanaan Bebersih Sampah di 36 lokasi, 30 Komunitas Peduli Ciliwung, 3.000 siswa, dan 21 gerakan Pramuka.

“Bebersih Ciliwung ini diharapkan sekaligus dapat memecahkan rekor nasional Muri untuk aspek jumlah peserta dan panjang sungai yang dibersihkan. Karena itu, kami mengharapkan dan mengajak seluruh pihak secara bersama melakukan perbaikan kualitas air Sungai Ciliwung,”ujar Dirjen PPKL RM Karliansyah dalam keterangan pers, Jumat (21/6/2019).

Tujuan Bebersih Ciliwung ini, kata Karliansyah, terutama untuk memperbaiki kualitas air Sungai Ciliwung, melakukan kampanye serta edukasi lingkungan perlindungan dan pengelolaan ekosistem di DAS Ciliwung, memfasilitasi pengenalan potensi DAS Ciliwung, pengembangan jaringan kemitraan antara pemerintah, masyarakat, dan perusahaan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan DAS Ciliwung.

Kegiatan Bebersih Ciliwung akan dilaksanakan di DAS hulu hingga hilir dan dibuka dengan komando Menteri LHK Siti Nurbaya untuk pengumpulan sampah, penyambutan tim susur sungai, dan penanaman pohon bambu.

Di panggung acara yang dipusatkan di Cibinong, serangkaian kegiatan sudah dirancang dengan dibuka tarian tradisional dan kemudian dilanjutkan sambutan Ketua Yayasan Bambu Indonesia Jatnika Nagamiharja, lalu laporan kegiatan Bebersih Ciliwung oleh Dirjen PPKL Karliansyah.

Setelah itu, sambutan Gubernur Jabar Ridwan Kamil, diakhiri dengan sambutan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Setelah acara seremonial, masih ada kegiatan yang cukup menarik yakni talkshow dengan tema “Gotong Royong Bebersih Ciliwung serta live report (Cisarua, Sempur,Panus, dan GCB). Talkshow akan dipandu oleh Puteri Indonesia Lingkungan Tahun 2018 Vania Fitriyani Herlambang.

Adapun narasumbernya, Lurah Sempur Rina Da Frina, Youtuber yang membuat konten budaya Indonesia Christina Surya (warganegara Rumania), penggerak dan patriot Ciliwung Hidayat Alhamdani yang akrab disapa Kang Dayat, serta Ketua Gerakan Ciliwung Bersih (GCB) Penny Susanti.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sungai ciliwung, klhk, Sampah Plastik

Editor : Herdiyan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup