Wisata Minat Khusus Waduk Jatiluhur Bakal Dikembangkan

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar membidik sejumlah titik di kawasan Jatiluhur,Purwakarta sebagai objek wisata baru.
Wisnu Wage Pamungkas | 14 Juni 2019 14:38 WIB
Foto aerial keramba jaring apung, di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (16/4). - Antara/Sigid Kurniawan

Bisnis.com,BANDUNG — Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar membidik sejumlah titik di kawasan Jatiluhur, Purwakarta sebagai objek wisata baru.

Kadisparbud Jabar Dedi Taufik mengatakan kawasan Jatiluhur sendiri saat ini sudah memiliki sejumlah objek wisata. Pihaknya berencana mengembangkan potensi yang sudah ada.

“Kita ingin angkat nanti Jatiluhur. Beberapa tahun lalu Jatiluhur menjadi spot tourism ya. Ski air, ski jumping kan di sana. Nah sekarang kita akan manfaatkan wisata air yang ada di sana selain sport tourism,” katanya di Gedung Pakuan, Bandung, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya objek wisata baru yang bisa digarap di kawasan tersebut mulai dari paralayang, kemudian juga ada bebukitan yang bisa menjadi spot menarik.

“Kemudian juga nanti ada rumah makan terapung. Ini juga yang ada perubahan menurut saya. Selain itu di DASnya Jatiluhur sendiri seperti Situ Cipule, kita akan kembangkan juga di sana. Dan Cipule sudah dipakai wisata dayung kan,” ujarnya.

Menurutnya pengembangan titik wisata ini bisa sekaligus dituntaskan hingga kawasan Muara Gembong, Bekasi yang masuk ke aliran Perum Jasa Tirta II.

“Rencananya akan kita bangunkan tahun depan. Kita lagi buat DEDnya sekarang , nanti dari hasil DED baik itu Muara Gembong kemudian juga di Jatiluhur juga sudah ada DEDnya kita tinggal me-match-kan antara konsep pariwisata Jabar sendiri dengan konsep pariwisata yang ada di Jasa Tirta,” tuturnya.

Menurutnya kolaborasi program ini akan menentukan rencana yang bisa dikembangkan untuk optimalisasi pariwisata. “Salah satunya dalam waktu dekat kan ada paddle boat sama festival jazz di sana. Kami kemarin juga sudah ngobrol-ngobrol dengan dirutnya di mana nanti ada sesuatu yang baru kita angkat budaya budaya di sana,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
waduk jatiluhur

Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top