Fokus Dukung Pemerintahan Jokowi, PDIP Majukan Jadwal Kongres Nasional

Dimajukannya jadwal Kongres V PDIP disampaikan langsung Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Dia menyebut kongres nantinya akan dilakukan pada 8 Agustus 2019 di Bali.
Lalu Rahadian | 14 Juni 2019 10:25 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (berkemeja putih) - Dok. PDIP

Bisnis.com, JAKARTA - Pelaksanaan Kongres Nasional PDI Perjuangan akan dipercepat dari jadwal semula. Awalnya Kongres V PDIP akan digelar 2020 tetapi dimajukan pada Agustus 2019.

Dimajukannya jadwal Kongres V PDIP disampaikan langsung Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Dia menyebut kongres nantinya akan dilakukan pada 8 Agustus 2019 di Bali.

"Percepatan Kongres V selain untuk menyesuaikan dengan agenda pemerintahan negara, juga untuk menyusun seluruh agenda strategis Partai pasca Pemilu 2019, dan sebagai langkah preemptive bagi tugas Ideologis-strategis Partai ke depan. Itulah yang menjadi intisari pemikiran Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto dalam keterangan tertulis kepada wartawan, Jumat (14/6/2019).

Percepatan Kongres V PDIP diharap bisa membuat struktur parpol itu terkonsolidasi maksimal pasca anggota DPR, MPR, dan presiden serta wakil presiden terpilih dilantik.

Hasto menyebut partainya ingin semakin fokus mendukung pemerintahan Jokowi hingga lima tahun ke depan. Karena itu, konsolidasi ideologi, politik, struktural, dan program harus dilakukan lebih cepat dalam Kongres V.

"Jadi keputusan mempercepat [Kongres V] sangat strategis dan sebagai implementasi jatidiri sebagai Partai Pelopor. Persiapan seluruh jajaran kepartaian untuk menjadi kekuatan utama yang efektif mengawal Jokowi-KH Ma’ruf akan dilakukan lebih awal," katanya.

Kongres Nasional PDIP terakhir kali dilakukan 2015 lalu. Pada acara yang dilakukan di Bali itu, Megawati Soekarnoputri kembali terpilih menjadi Ketua Umum PDIP.

Hingga kini, sudah 26 tahun Megawati memimpin PDIP. Hitungan itu muncul jika melihat rekam jejak peran Megawati di partainya sejak masih bernama PDI.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pdip, Hasto Kristiyanto

Editor : Akhirul Anwar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top