Bidak Catur Kuno dari Era Viking Dilelang Seharga US$1,26 Juta

Sebuah bidak catur kuno dari era Viking akan dilelang di balai lelang Sotheby's, London, bulan depan. Harga lelang satu bidak kuno itu diperkirakan akan menembus 600.000 pounds hingga 1 juta pounds, atau setara dengan US$670.000—US$1,26 juta.
Farodilah Muqoddam
Farodilah Muqoddam - Bisnis.com 04 Juni 2019  |  11:15 WIB
Bidak Catur Kuno dari Era Viking Dilelang Seharga US$1,26 Juta
Sebuah bidak catur kuno dari era Viking yang akan dilelang di balai lelang Sotheby's, London, pada 2 Juli 2019. - Bloomberg

Bisnis.com, LONDON — Sebuah bidak catur kuno dari era Viking akan dilelang di balai lelang Sotheby's, London, bulan depan. Harga lelang satu bidak kuno itu diperkirakan akan menembus 600.000 pounds hingga 1 juta pounds, atau setara dengan US$670.000—US$1,26 juta.

Bidak catur tersebut dibeli oleh seorang kolektor barang antik di Skotlandia pada 1964 dengan harga hanya beberapa pounds. Harga bidak itu mendadak melonjak setelah teridentifikasi bahwa barang kuno tersebut merupakan salah satu bidak catur Lewis Chessmen yang telah berusia sekitar 900 tahun.

Lewis Chessmen merupakan seperangkat bidak-bidak catur yang dibuat dari gading walrus pada abad ke 12. Gading tersebut dipahat menjadi bentuk tentara Viking.

Pada tahun 1831, sebanyak 93 buah bidak catur Lewis Chessmen ditemukan di Skotlandia. Sebagian bidak catur kini menjadi koleksi British Museum di London, sebagian lainnya disimpan di National Museum of Scotland di Edinburgh. Lima bidak lainnya masih dinyatakan hilang.

Bidak catur kuno setinggi 8,8 cm tersebut akan dilelang pada 2 Juli 2019.

“Bidak catur kuno yang ditemukan di sebuah toko antik di Skotlandia tersebut merupakan salah satu penemuan terbesar sepanjang karir saya,” ujar ahli patung Eropa dari balai lelang Sotheby's Alexander Kader mengatakan” ujarnya sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (4/6/2019).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sotheby, Balai Lelang

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top