Deutsche Bank & UniCredit Mulai Tinggalkan London

Deutsche Bank AG dan UniCredit SpA mulai memindahkan sejumlah operasional bisnis mereka dari London ke Frankfurt pada Mei 2019. Hal ini dilakukan unuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk dari drama Brexit yang sedang berlangsung.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  09:01 WIB
Deutsche Bank & UniCredit Mulai Tinggalkan London
Ilustrasi brexit - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Deutsche  Bank AG dan UniCredit SpA mulai memindahkan sejumlah operasional bisnis mereka dari London ke Frankfurt pada Mei 2019. Hal ini dilakukan unuk mempersiapkan diri terhadap kemungkinan terburuk dari drama Brexit yang sedang berlangsung.

Menurut sejumlah sumber  yang dikutip secara anonim oleh Bloomberg, sekitar 10 bank dan lembaga keuangan yang beroperasi di London sudah mulai membuka operasional yang setara di Jerman.

Jika Inggris meninggalkan Uni Eropa tanpa kesepakatan, maka mulai April 2020, bank-bank di Benua Eropa tidak akan dapat mempertahankan bisnis forex dan derivatifnya sebagaimana yang biasa dilakukan di London.

"Itu bisa memaksa bank untuk memindahkan triliunan dolar derivatif dari LCH Ltd., unit London Stock Exchange Group Plc, ke Eurex Clearing di Frankfurt, bagian dari Deutsche Boerse AG," ujar seorang sumber sebagaimana dikutip dari Bloomberg, Senin (3/6/2019).

Aksi pemindahan operasional bisnis dari London ke Frankfurt, lanjutnya, akan mengikis dominasi London sebagai pusat keuangan Eropa dan berpotensi mengguncang pasar untuk swap suku bunga.

Adapun, Deutsche Bank dan UniCredit masih menolak berkomentar, seperti yang dilakukan juru bicara untuk JPMorgan dan Commerzbank.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
london, Brexit

Editor : Farodilah Muqoddam

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top