Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bahas Penyempurnaan UU Parpol, KPK-Kemenkumham Gelar Pertemuan

Pertemuan membahas tentang aspek hukum termasuk peraturan perundang-undangan mengingat peran Kemenkumham mewakili pemerintah dalam pembahasan rancangan UU dengan Komisi II DPR RI.
Ilham Budhiman
Ilham Budhiman - Bisnis.com 24 Mei 2019  |  12:13 WIB
Logo KPK - Antara/Widodo S Jusuf
Logo KPK - Antara/Widodo S Jusuf

Kabar24.com, JAKARTA — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Kementerian Hukum dan HAM mengadakan pertemuan guna membahas penyempurnaan undang-undang partai politik, Jumat (24/5/2019).

Pembahasan tersebut menyusul pertemuan sebelumnya yang telah dilakukan KPK dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Keuangan pada Selasa (21/5/2019).

Juru bicara KPK Febri Diansyah mengatakan bahwa dalam pertemuan itu akan dibahas tentang aspek hukum termasuk peraturan perundang-undangan mengingat peran Kemenkumham mewakili pemerintah dalam pembahasan rancangan UU dengan Komisi II DPR RI.

"KPK juga membawa serta draft naskah akademis yang disusun dari hasil Kajian UU Parpol dengan sejumlah rekomendasi penyempurnaan dengan maksud mendapatkan masukan dari kemenkumham," kata Febri dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/5/2019).

KPK dan Pusat Penelitian Politik LIPI, lanjutnya, berharap poin-poin rekomendasi dalam kajian tersebut termasuk di dalamnya memuat elemen-elemen Sistem Integritas Partai Politik (SIPP) yang dapat menjadi bagian dari penyempurnaan UU partai politik ke depan.

Adapun dalam pertemuan dengan Kemendagri dan Kementerian Keuangan telah dibahas terkait aspek substansi penyempurnaan UU Parpol dan evaluasi efektivitas bantuan keuangan oleh negara kepada Parpol di tahun 2018. 

Sedangkan pembahasan dengan Kemenkeu fokus kepada keberlanjutan pendanaan partai politik, termasuk sisi akuntabilitas penggunaan dan keterbukaan pengelolaan keuangan parpol kepada publik.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK parpol politik uang
Editor : Stefanus Arief Setiaji
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top