Rekapitulasi KPU : Ini Daftar Wakil Rakyat Petahana dari Lampung yang Diprediksi Lolos ke Senayan

Beberapa nama tersebut di antaranya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, eks Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani.
Lalu Rahadian
Lalu Rahadian - Bisnis.com 14 Mei 2019  |  13:42 WIB
Rekapitulasi KPU : Ini Daftar Wakil Rakyat Petahana dari Lampung yang Diprediksi Lolos ke Senayan
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan memberikan sambutan saat Forum Pikiran, Akal dan Nalar (Roadshow Polmark Indonesia dan Partai Amanat Nasional) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah tokoh politik nasional yang menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari Daerah Pemilihan (Dapil) I dan II Lampung diprediksi kembali melenggang ke DPR RI.

Hal itu diketahui usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan rekapitulasi Pemilu 2019 dari Provinsi Lampung, Senin (13/5/2019) malam.

Berdasarkan hasil Pemilu 2019 yang disahkan KPU, PDI Perjuangan (PDIP) menjadi partai politik (parpol) dengan raihan suara terbanyak di Dapil I Lampung, yakni 471.339 suara. Menyusul di posisi berikutnya, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang masing-masing mendapat 227.737 suara dan 225.117 suara.

Dapil Lampung I meliputi wilayah Lampung Selatan, Bandar Lampung, Pesawaran, Tenggamus, Pringsewu, Lampung Barat, Pesisir Barat, dan Kota Metro.

Dari Dapil Lampung I, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan meraih 132.039 suara, sekaligus membuatnya menjadi caleg peraih suara terbesar di sana. Berikutnya, ada Mukhlis Basri sebagai eks Bupati Lampung Barat dan caleg PDIP dan caleg petahana dari Partai Demokrat Zulkifli Anwar.

Di Dapil Lampung II, PDIP kembali menempati urutan teratas dengan raihan 416.077 suara. Kemudian, Golkar menyusul dengan 281.277 suara dan urutan ketiga ditempati Partai Gerindra yang mendapat 269.623 suara.

Dari Lampung II, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani diprediksi lolos ke parlemen periode 2019-2024, setelah mendapat 61.995 suara. Selanjutnya, caleg petahana yang juga Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Almuzzamil Yusuf dan politikus Partai NasDem Taufik Basari turut diprediksi lolos lagi menjadi wakil rakyat.

Terakhir, caleg sekaligus Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus serta Aziz Syamsuddin dari partai yang sama juga diprediksi lolos ke Senayan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top