Pemilu Legislatif 2019 : Rahasia PKS Bisa Raih Lonjakan Suara di DKI, Banten, dan Jabar

Politisi PKS Achmad Dimyati Natakusumah menjelaskan Majelis Syuro PKS yang diketuai oleh Salim Segaf Al Jufri rajin menyambangi para calon anggota legislatif (caleg).
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 09 Mei 2019  |  17:14 WIB
Pemilu Legislatif 2019 : Rahasia PKS Bisa Raih Lonjakan Suara di DKI, Banten, dan Jabar
Partai Keadilan Sejahtera (PKS)/ANTARA FOTO - Jessica Helena Wuysang

Kabar24.com, JAKARTA — Lonjakan perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera atau PKS dalam Pemilu Legislatif 2019 di Provinsi Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat disebut-sebut karena andil Majelis Syuro partai berbasis massa Islam tersebut.

Politisi PKS Achmad Dimyati Natakusumah menjelaskan Majelis Syuro PKS yang diketuai oleh Salim Segaf Al Jufri rajin menyambangi para calon anggota legislatif (caleg).

Dalam kesempatan tersebut, Salin mengarahkan kader-kadernya bagaimana strategi memikat pemilih.

“Habib Salim rajin silaturahmi dan konsisten dalam menegakkan amar ma’ruf nahi munkar,” ujarnya kepada Bisnis.com, Rabu (8/5/2019).

Pada Pileg 2019, Dimyati bertarung sebagai caleg di Daerah Pemilihan Banten I. Dia mengklaim PKS sudah mengumpulkan 151.646 suara atau menempati peringkat ketiga daftar perolehan suara parpol.

Perolehan PKS terdongkrak hampir dua kali lipat dari 2014 yang hanya menghimpun 85.277 suara atau di peringkat ketujuh. Bila 5 tahun lalu tidak mendapatkan kursi DPR, pada 2019 PKS diprediksi mengirimkan satu wakil ke Senayan atas nama Dimyati.

“Peningkatan itu bukan karena saya, tapi peran Habib Salim. Kalau hanya seorang Dimyati, bagaimana bisa di Banten, DKI Jakarta, dan Jabar meningkat. Itulah hebatnya Majelis Syuro PKS,” tutur mantan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini.

Sejumlah lembaga survei memprediksi suara PKS secara nasional meningkat, termasuk di Banten, DKI Jakarta, dan Jabar. Data Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum hingga Kamis (9/5/2019) pun mengonfirmasi prediksi itu.

Di Banten, PKS duduk di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 180.890 suara atau 12,19% total suara sementara. Pada 2014, PKS hanya meraup 8,09% total suara gabungan tiga dapil se-Banten.

Lonjakan terlihat pula di DKI Jakarta mengingat saat ini PKS mengumpulkan 20,71% total suara sementara atau nomor dua di bawah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Padahal, perolehan PKS pada Pileg 2014 nomor tiga di bawah Partai Gerindra.

Tren peningkatan juga terekam di Jabar yang mencakup 11 dapil DPR. PKS masih bertengger di peringkat ketiga dengan meraup 12,97% total suara sementara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pks, Pemilu 2019

Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top