Informasi Terkini Pemilu 2019, Indonesia Memilih

Ikuti perkembangan informasi soal proses dan hasil pemilu, Pilpres 2019, Pileg 2019 dan Pemilu DPD 2019 lewat laporan secara langsung dari Bisnis.com.
News Writer News Writer | 17 April 2019 16:15 WIB
Informasi Terkini Pemilu 2019, Indonesia Memilih
Warga mengenakan kostum "superhero" atau pahlawan super karakter Spiderman dan Thor saat menggunakan hak suaranya dalam Pemilu 2019 di TPS 10 Banjar Ubung Sempidi, Mengwi, Badung, Bali, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Hari ini, Rabu (17/4/2019), rakyat Indonesia menentukan pilihan siapa yang bakal menjadi pemimpin 5 tahun ke depan, baik level presiden-wakil presiden maupun anggota legislatif dan Dewan Perwakilan Darah atau DPD.

Pemilihan Umum 2019 kembali mempertemukan Joko Widodo dan Prabowo Subianto dalam kompetisi memperebutkan kursi RI 1. Jika pada 2014 lalu Jokowi ditemani Jusuf Kalla, kini ia menggandeng Ma'ruf Amin. Sementara itu, Prabowo kini bersama cawapres muda, Sandiaga Uno, setelah pada 2014 ia ditemani Hatta Rajasa.

Setelah melewati masa kampanye 23 September 2018 - 13 April 2019, kini saatnyalah bangsa Indonesia menentukan pilihan.

Ikuti perkembangan informasi soal proses dan hasil pemilu, Pilpres 2019, Pileg 2019 dan Pemilu DPD 2019 lewat laporan secara langsung dari Bisnis.com.

Selain update dari lapangan soal pelaksanaan pemilu, Bisnis.com juga akan menghadirkan hasil quick count Pilpres 2019 dari tiga lembaga survei, Indikator, Charta Politika, dan Poltracking. Hasil hitung cepat itu akan mulai tayang pukul 15.00 WIB.

Ikuti perkembangan informasi akurat lewat live report berikut ini:

 

 

21:28 WIB

Partai Baru Tak Ada yang Lolos

Hasil hitung cepat dari LSI Denny JA menunjukkan bahwa partai-partai barutidak akan lolos parliamentary threshold 2019 yang mensyaratkan perolehan suara 4 persen.

Hasil sementara hitung cepat LSI setelah mendapatkan sampel sebanyak 87,55 persen suara pada Rabu (17/4/2019) pukul 20:45 WIB memperlihatkan Partai Berkarya hanya mengumpulkan 2,38 persen, PSI hanya berhasil meraih 2,35 persen suara, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) dengan 2,95 persen dan Partai Garuda dengan 1,00 persen suara.

Partai-partai lain yang raihannya masih berada di bawah batas minimal untuk lolos Senayan adalah Partai Bulan Bintang (PBB) yang hanya meraih 0,83 persen dan PKPI mengumpulkan 0,39 persen suara. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) yang pada 2014 berada di Parlemen, maka 2019 terancam untuk tidak masuk parlemen dengan perolehan 1,84 persen,

Sementara itu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk sementara memimpin perolehan suara dengan raihan 20,18 persen suara.

Gerindra menduduki peringkat kedua dengan 12, 35 persen suara, peringkat ketiga ditempati Golongan Karya (Golkar) dengan 12,20 persen suara.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di posisi keempat dengan 10,00 persen suara. Sementara itu, Partai Nasional Demokrat (NasDem) duduk di posisi kelima dengan 8,22 persen suara.

Posisi keenam ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 8,03 persen suara. Sedangkan Partai Demokrat menghuni posisi ketujuh dengan 6,68 persen suara.

Partai Amanat Nasional (PAN) berada di posisi kedelapan dengan 6,14 persen suara, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di posisi kesembilan dengan 4,30 persen suara.

16:17 WIB

Di Cianjur, Puluhan Ribu Hak Suara Terancam Tidak Tersalurkan

Puluhan ribu hak suara pemilih di sejumlah wilayah di Cianjur, Jawa Barat, sempat terancam tidak dapat tersalurkan karena berbagai faktor salah satunya logistik yang tidak sampai ke satu kecamatan hingga Rabu pukul 11.00 WIB.

Seperti yang terjadi di TPS 16 di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, pemungutan suara baru bisa dilaksanakan setelah pukul 11.00 WIB karena menunggu logistik yang belum sampai hingga siang menjelang.

Ketua TPS 16, Juri, mengatakan pelaksanaan pemilihan sangat terlambat yang seharusnya digelar sejak pagi, baru bisa dilakukan menjelang siang.

Bahkan dua ratusan warga yang hendak menyalurkan aspirasinya sempat kecewa dan mempertanyakan kesiapan KPPS yang sempat kebingungan karena menunggu logistik yang tidak kunjung sampai dari PPS.

“Sekitar pukul 11.00 WIB, logistik pemilu mulai dari kotak suara, surat suara, hingga bilik suara baru sampai ke TPS dengan cara diambil sendiri dan pemilihan baru bisa dimulai menjelang TPS lain tutup,” katanya.

15:11 WIB

Hasil Quick Count Sudah Diumumkan, Simak Di Sini

Sesuai dengan UU Pemilu, yang ditegaskan juga oleh Mahakamah Konstitusi, saat ini lembaga survei sudah bisa mengumumkan hasil hitung cepat atau quick count Pemilu 2019, termasuk quick count Pilpres 2019, quick count Pileg 2019, dan quick count Pemilu DPD 2019.

Simak hasilnya dengan Klik link ini.

14:50 WIB

Megawati Kunjungi Jokowi di Istana

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tinggalkan kediamannya di Jalan Kebagusan IV Dalam, Jakarta Selatan. Megawati disebut akan menuju Istana Kepresidenan untuk bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, Megawati menuju Istana Kepresidenan didampingi dua anaknya yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo. Belum diketahui apa tujuan Megawati pergi ke sana. "Beliau nanti akan kembali ke kediaman di Kebagusan ini," kata Hasto, Rabu (17/4/2019).

13:54 WIB

Warga Baduy Ikut memilih di Pemilu 2019

Sejumlah warga Baduy Luar antre menunggu panggilan untuk melakukan pencoblosan Pemilu 2019 di TPS 01 di Desa Kanekes, Lebak, Banten, Rabu (17/4/2019).

ANTARA FOTO/ Dziki Oktomauliyad

13:49 WIB

Bawaslu Pekanbaru Perbolehkan Pulang Caleg Gerindra Terduga Pelaku Politik Uang

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru, Riau, Indra Khalid Nasution, menyatakan calon legislatif Partai Gerindra berinisial DAN, dan tiga orang tim suksesnya diperbolehkan pulang setelah sebelumnya ditangkap karena dugaan politik uang sehari sebelum pemungutan suara Pemilu 2019.

“Mereka pulang karena Bawaslu tidak punya kewenangan melakukan penahanan, belum kita putuskan perkaranya,” kata Indra Khalid Nasution kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan caleg perempuan berinisial DAN dan tiga orang timses tersebut dipersilakan pulang pada Rabu dini hari sekitar pukul 01.45 WIB. Menurut dia, proses penyelidikan kasus dugaan politik uang terhadap keempatnya masih akan berlanjut.

13:40 WIB

Warga Biak Antusias Salurkan Hak Suara di Pemilu 2019

Sebanyak 96.752 warga Kabupaten Biak Numfor, Papua yang terdaftar dalam pemilih masih antusiasme menyalurkan hak suara di 468 Tempat Pemungutan suara (TPS) pemilihan umum serentak 17 April 2019.

Dilansir dari Antara, di TPS 07 Kampung Sorido distrik Biak Kota pelaksanaan pemungutan suara pemilu serentak di awali dengan pengucapan sumpah janji Kelompok penyelenggara pemungutan suara dipandu Ketua KPPS Hayatuddin Ismail.

13:37 WIB

Aparat Amankan Warga Pemicu Kericuhan di TPS di Kwamki, Papua

Aparat gabungan Polri dan TNI mengamankan dua orang warga yang ditengarai memicu kericuhan di TPS 27, Jalan Cenderawasih, depan PT Petrosea, Kelurahan Kwamki, Distrik Mimika Bau, Papua, Rabu (17/4/2019).

Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto, di Timika, Rabu, mengatakan kedua pelaku kericuhan atas nama FH dan AS, salah satu di antaranya tercatat sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Mimika.

"Kami minta pelakunya segera diproses oleh Bawaslu Mimika melalui Sentra Gakkumdu. Motifnya belum kami ketahui, namun berdasarkan informasi awal yang bersangkutan melakukan pembelaan diri. Ini masih kami dalami," kata AKBP Agung.

Berdasarkan laporan yang diterima Polres Mimika, kericuhan di TPS 27, Kelurahan Kwamki itu bermula saat sekelompok orang mendatangi lokasi TPS dengan membawa senjata tajam. Kericuhan terjadi dipicu oleh desakan sekelompok orang tersebut kepada Kelompok Penyelenggara Pemilu (KPPS) untuk memindahkan lokasi TPS ke lokasi yang mereka tentukan sendiri.

13:34 WIB

Pertokoan di Glodok Tutup Selama Pemilu 2019

Pertokoan di daerah Glodok Jakarta Barat dan sekitarnya tutup selama Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, sebagai langkah antisipasi dari pihak manajemen.

"Dari pihak manajemen memang memerintahkan untuk menutup semuanya. Mengantisipasi kalau ada apa-apa. Besok baru aktivitas kembali," ujar Yayat Tidore, satpam Harco Glodok.

Langkah serupa diambil oleh manajemen pertokoan Pasar HWI Lindeteves yang memutuskan untuk menutup seluruh toko yang ada di lokasi tersebut.

13:19 WIB

Suasana Pemilu 2019 di Papua

Warga Papua menuju ke bilik suara saat akan memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 di Distrik Kurulu Wamena, Jayawijaya, Papua, Rabu (17/4/2019). 

Suasana pemungutan suara Pemilu 2019 di Distrik Libarek Wamena, Jayawijaya, Papua.

arga Papua melakukan pencoblosan tanpa menggunakan bilik suara saat pesta demokrasi Pemilu 2019 di Kampung Mulima Distrik Libarek Wamena, Jayawijaya, Papua.

Foto-foto oleh Yusran Uccang, ANTARA FOTO. 

13:02 WIB

Erick Thohir Kunjungi Kediaman Megawati

Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Erick Thohir sambangi kediaman Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Berdasarkan pantauan, Erick tiba di kediaman Megawati pukul 12.24 WIB. Dia datang bersama Anggota Dewan Pengarah TKN Pramono Anung.

Tidak ada informasi yang diberikan Erick sesampainya ia di kediaman Megawati. "Nanti, nanti," ujarnya kepada wartawan, Rabu (17/4/2019).

12:58 WIB

Korban Gempa di NTB Salurkan Hak Suara

Warga korban gempa memasukkan surat suara usai pencoblosan dalam Pemilu 2019 di TPS 3, Dusun Apit Aik, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

12:55 WIB

Satgas Kominfo Awasi Media Sosial 24 Jam Selama Tahapan Pemilu 2019

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebutkan satuan tugas di kementeriannya mengawasi informasi di media sosial selama 24 jam selama masa tahapan pemilu 2019.

"Memang selama pemilu kita buat tim khusus. Ada sekitar 30-an temen-temen kominfo yang siaga 24 jam," katanya usai menggunakan hak pilihnya diaftar pemilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 38, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

12:40 WIB

TPS Unik di Semarang, Tema Pernikahan

Ada yang unik di TPS 09, RT 2 RW 4, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. TPS tersebut mengusung konsep pernikahan atau dalam istilah Jawa (manten).

Dalam TPS tersebut terpasang berbagai ornamen pelengkap pernikahan, mulai panggung pengantin, yang dihiasi bunga-bunga warna-warni berpadu dengan lampu hias layaknya untuk para mempelai.

Selain itu, adapula patung kuda dan angsa yang terbuat dari styrofoam dilengkapi kolam buatan dan berbagai tanaman, serta langit-langit yang dihias memberikan kesan wah. 

Bukan hanya dekorasi TPS ini juga disediakan menu makanan seperti soto. Disediakan pula aneka snack, meminum dingin hingga teh panas tersedia gratis bagi pemilih.

Para petugas KPPS di sini pun tidak kalah, mereka semua kompak mengenakan busana adat jawa, mulai beskap, topi blankon untuk pria, dan berbaju kebaya bagi petugas perempuannya. (Alif Nazzala Rizqi)

12:38 WIB

TPS Unik, Tema Konferensi Asia Afrika

Petugas KPPS membantu warga untuk memberikan hak suaranya di TPS 24 yang bertemakan Konferensi Asia Afrika di Kecamatan Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (17/4/2019). Tema Konferensi Asia Afrika tersebut diambil dalam rangka memperingati Hari Asia Afrika pada 18 April mendatang. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.

12:33 WIB

AHY Ditemani Annisa Pohan Nyoblos di TPS 013 Petogogan, Kebayoran Baru

Agus Harimurti Yudhoyono, Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 013 Petogogan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Selain Agus, sang istri Annisa Larasati Pohan menjadi pemilik suara dari 15 daftar pemilih tambahan di TPS 013 yang terdiri dari sepuluh laki-laki dan lima perempuan.

“Saya pindah kesini [TPS 13], karena kantor dekat sini dan saya jumatan disini, saya juga senang bisa bersama dengan masyarakat disekitar sini” Ujar Agus kepada awak media Rabu (17/4/2019).

12:25 WIB

Pemilu 2019 di Pulau Buru, Mantan Tapol Mencoblos

Mantan tahanan politik (tapol) Sugito (kiri) bersama istrinya yang juga anak dari mantan tapol Sugiharti (kanan) menunjukan jarinya seusai melakukan pencoblosan pada Pemilu 2019 di TPS 03 Desa Savanajaya, Pulau Buru, Maluku, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A. 

12:21 WIB

Coblosan Paling Nikmat

Cawapres nomor urut 02 KH Ma'ruf Amin baru saja melaksanakan prosesi pemungutan suara di kediaman lamanya, Jalan Deli Lorong 27, Koja, Jakarta Utara, Rabu (17/4/2019).

Ma'ruf mencoblos di TPS 051 yang tercatat memiliki 151 pemilih laki-laki dan 149 pemilih wanita. Kiai sepuh yang telah menginjak usia 76 tahun ini mengaku senang dapat berkumpul bersama tetangga-tetangga lamanya.

"Waduh nikmat sekali yah, mencoblos di tempat sendiri, dapat dukungan masyarakat, semuanya menyambut gembira. Wah, saya kira ini pencoblosan paling nikmat," ungkap mantan Ketua Umum MUI dan Rais Aam PBNU ini.

11:33 WIB

Jokowi Sudah Mencoblos

Calon Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana, telah menggunakan hak pilihnya di TPS 008 di halaman kantor Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Raya, Jakarta Pusat, Rabu (17/4/2019) sekitar pukul 10.23 WIB.Dalam kesempatan itu, Jokowi tampak menggunakan baju yang biasa dipakainya yaitu kemeja lengan panjang putih dan celana panjang berwarna hitam. Iriana juga tampak menggunakan baju berwarna putih.Setelah mencoblos, Jokowi mengaku merasa lega. Di depan wartawan, dia juga menunjukkan kelingking yang dicelup ke tinta warna ungu. Dia sempat menjawab sejumlah pertanyaan wartawan yang telah menunggunya dari pagi.

11:04 WIB

Spider Man Layani Pemilih di Surabaya

Petugas KPPS melayani warga yang akan memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema super hero di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru.

10:57 WIB

Gubernur Anies Baswedan dan Keluarga Kompak Pakai Baju Putih

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama keluarga kompak menggunakan baju berwarna putih saat menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 di TPS 60 Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Anies didampingi istri Fery Farhati, kedua anaknya Mikail Azizi Baswedan dan Mutiara Annisa Baswedan, serta Nadya Faray Zou dan Abdillah Rasyid Baswedan. Ibunda Anies yaitu Aliyah Rasyid pun juga turut hadir ke TPS 60. Anies bersama keluarga hadir di TPS 60 pada pukul 08.47 WIB dan disambut oleh masyarakat sekitar.

"Kita tahu bahwa saat ini anjuran menggunakan baju putih dari dua-duanya [sehingga] kita gunakan baju putih," ujar Anies setalah menunaikan hak pilihnya, Rabu (17/4/2019).

10:55 WIB

Presiden Joko Widodo Berangkat dari Istana Bogor

Presiden Joko Widodo dan istrinya, Iriana, telah berangkat dari Wisma Bayurini Istana Kepresidenan Bogor menuju tempat pemungutan suara (TPS) sekitar pukul 09.39 WIB, Rabu (17/4/2019).

Berdasarkan informasi yang dirilis oleh Sekretariat Presiden, Jokowi dan Iriana akan memilih di TPS 008 di halaman kantor Lembaga Administrasi Negara, Jalan Veteran Jakarta Pusat, Jakarta.

10:50 WIB

Prediksi Jusuf Kalla, Selisih Suara Tak Terpaut Jauh

Wakil Presiden Jusuf Kalla memperkirakan selisih suara antar kedua pasangan calon presiden tidak akan terpaut jauh.

"Pemilih Lebih ramai karena kampanye lebih panjang. Partisipasi masyarakat tinggi," kata Jusuf Kalla setelah memberikan suara di TPS 04, Kelurahan Pulo, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

10:48 WIB

Ma'ruf Amin Yakin Raih 90 Persen Suara di TPS 051 Koja

Cawapres RI Ma'ruf Amin meyakini dirinya akan meraih 90 persen suara di TPS 051 Koja, Jakarta Utara, tempatnya menggunakan hak pilih di pemilu 2019.

"Yakin lah, insyaAllah 90 persen," ujar Ma'ruf seusai menggunakan hak pilih di TPS 051, Koja, Jakarta Utara.

10:42 WIB

Google Meriahkan Pemilihan Umum 2019

Google turut memeriahkan pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019 di Indonesia melalui gambar di mesin pencari mereka, Doodle. 

Seperti dilansir dari Antara, Google Doodle pada hari ini memuat gambar orang mengantre di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memasukkan surat suara ke kotak suara. Masing-masing karakter di Google Doodle memegang lima surat suara.

Begitu di-klik, gambar tersebut akan mengarahkan pengguna ke laman pencarian Google Search dengan kata kunci "Indonesia Elections 2019" alias Pemilu Indonesia 2019.

10:35 WIB

TPS dengan Tema Budaya Daerah

Warga dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) mengikuti upacara sebelum pelaksanaan pemungutan suara di TPS 27 Kampung Happy, Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu (17/04/2019). ANTARA FOTO/Maulana Surya.

10:33 WIB

TPS Unik di Tegal, Ada Booth Foto Jomblo

Sejumlah warga menunggu giliran untuk mencoblos di TPS 2 Desa Procot, Kabupaten Tegal, Jawa Jawa Tengah, Rabu (17/4/2019). TPS bertema kemeriahan Pemilu melalui medsos tersebut dibuat warga untuk meningkatkan partisipasi dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

10:30 WIB

TPS Unik di Surabaya, Tema Super Hero

Petugas KPPS melayani warga saat akan memberikan hak suaranya di TPS 5 Pondok Benowo Indah yang bertema super hero di Surabaya, Jawa Timur, Rabu (17/4/2019). ANTARA FOTO/Zabur Karuru.

10:22 WIB

Pencoblosan di Distrik Abepura Ditunda, Logistik Belum Sampai

Pencoblosan di Distrik Abepura, Jayapura, ditunda hingga Kamis (18/4/2019), karena logistik yang belum tersalurkan. Logistik itu hingga kini masih berada di Kantor KPU Kota Jayapura yang terletak di jalan baru pasar Youtefa.

"Selain Distrik Abepura juga terdapat tiga kelurahan di Distrik Jayapura Selatan yang ditunda pencoblosannya," kata Ketua KPU Papua, Theodorus Kossay, di Jayapura, Rabu (17/4/2019), seperti dikutip dari Antara.

Kondisi geografis dan topografis Papua sangat bergunung-gunung dengan perkembangan kondisi cuaca yang cepat berubah.

10:17 WIB

Keributan di TPS Tempat Wali Kota Medan Mencoblos

Keributan kecil terjadi di TPS Tempat Wali Kota Medan Dzulmi Eldin memilih, tepatnya di TPS 112 Kompleks Citra Wisata, Medan Johor. Penyebabnya adalah keterlambatan kedatangan kotak suara.

Dilansir dari Antara, kotak suara baru tiba dilokasi TPS pada pukul 07.30 Wib, sedangkan bara pemilih sudah antre sejak pukul 07.00 WIB. Hingga pukul 08.20, puluhan masyarakat yang hendak menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 ini masih mengantre.

"Mana kerjanya ini? Jam segini belum juga kami bisa nyoblos," keluh mereka kepada para petugas yang masih menghitung jumlah surat suara.

10:13 WIB

Ahmad Dhani & Vanessa Angel Mencoblos di Rutan Medaeng

Musisi Ahmad Dhani Prasetyo dan artis Vanessa Angel menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019 dengan mencoblos di Rumah Tahanan Klas I Surabaya di Medaeng Sidoarjo, Jawa Timur.

Kepala Kantor Wilayah Kanwilkumham Jatim, Susy Susilawati, yang hadir di Rutan Medaeng, Rabu mengatakan, ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di dalam Rutan Medaeng ini.

"Di dalam Rutan ini ada sekitar 2.900 warga binaan tetapi setelah diverifikasi oleh KPU jumlahnya menjadi 504 orang dan yang memiliki hak pilih," katanya seperti dilansir Antara.

10:09 WIB

Kenakan Kemeja Putih, Sri Mulyani Mencoblos di Banten

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ikut mencoblos dalam Pemilu 2019. Ia menyalurkan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 77 yang tak jauh dari kediamannya di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Dari pantauan Tempo.co, Sri Mulyani datang ke lokasi pemungutan suara ini sekitar pukul 07.57 WIB. Mengenakan kemeja putih, Sri ditemani suami dan anak-anaknya menggunakan mobil Toyota Alphard.

Pukul 08.12 WIB, nama Sri pun dipanggil untuk mencoblos di bilik suara. Sri Mulyani menghabiskan waktu sekitar 4 menit lamanya mencoblos sebanyak lima surat suara.

09:58 WIB

Antre Panjang di TPS Tempat Megawati Mencoblos

Antrean panjang pemilih terjadi di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 62 yang akan menjadi lokasi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggunakan hak suaranya.

Berdasarkan pantauan Bisnis, antrian pemilih di TPS 62 yang berada di Jalan Kebagusan IV Dalam, Jakarta Selatan, terjadi hingga ke luar lokasi pemungutan suara. Antrian bahkan mencapai bahu jalan.

Pada TPS tersebut rencananya Megawati dan keluarga akan menggunakan hak pilih mereka akan menggunakan hak suaranya sekitar pukul 10.00 WIB.

09:53 WIB

Edy Rahmayadi Klaim Pelaksanaan Pemilu di Sumut Aman

Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi memastikan kondisi Sumatra Utara aman selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saya mau keliling lihat TPS di Deliserdang, Binjai, Sergei (Serdangbedagai). Sumut itu aman asal tak diganggu-ganggu," ujarnya usai menggunakan hak pilihnya, Rabu (17/4/2019).

Gubernur Edy menggunakan hak pilihnya di TPS No.46, Kecamatan Medan Johor bersama istrinya, Nawal Lubis dan kedua anaknya pada pukul 08.22 WIB.

Menurutnya, kondisi Sumatra Utara sangat mendukung untuk penyelenggaraan Pemilu. Pihaknya pun akan melakukan pemantauan ke beberapa tempat pemungutan suara (TPS) di Sumut seperti di Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang.

09:48 WIB

Gubernur Sulsel Himbau Masyarakat Ikut Ciptakan Suasana Aman

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengimbau kepada masyarakat Sulsel untuk tetap menciptakan suasana kondusif dan aman. Menurut Nurdin, sejak memasuki masa kampanye, Sulsel terbilang masih dalam zona hijau.

"Salah satu kuncinya yaitu semua harus punya pemahaman yang sama, bahwa tidak ada yang kalah dan menang. Yang ada adalah keberhasilan yang tertunda, yang menang adalah pemenang yang amanah," kata Nurdin usai melakukan pencoblosan, Rabu (17/4/2019).

Nurdin menggunakan hak pilihnya di TPS 42 di Perumahan Dosen (Perdos) Unhas Tamalanrea, Makassar, sekitar pukul 08.05 WITA.

09:42 WIB

Datang Pagi-pagi, TPS Tempat Isran Mencoblos Belum Siap

Tempat Pemungutan Suara 34 di SMAN 8 Samarinda belum siap ketika Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Isran Noor hendak menyoblos.

Dalam pantauan Bisnis.com, sekitar pukul 07.30 WITA, Isran Noor dan istri Noorbaiti Isran Noor tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Lokasi SMAN 8 Samarinda memang membuka 3 TPS sekaligus yakni TPS 34, 35, 36.

Ketiga TPS belum siap dan masih melakukan pembenahan kelengkapan. Isran lalu mengunjungi ketiga TPS tersebut tanpa banyak memberi komentar. Sekitar pukul 07.47 WITA, Isran dan Noorbaiti adalah yang pertama melakukan pencoblosan di TPS 34.

09:39 WIB

Harapan Wali Kota Surabaya Risma untuk Presiden Terpilih 2019

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berharap presiden terpilih dalam pemilu 2019 agar lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat agar tidak menjadi gejolak sosial di masa yang akan datang.
"Saya berharap, terutama kesejahteraan warga lebih ditingkatkan, karena kalau kesejahteraan warga tidak segera ditingkatkan maka akan banyak sekali gejolak-gejolak," katanya seusai mencoblos di TPS 001 Jajar Tunggal, Wiyung Surabaya, Rabu (17/4/2019).
09:35 WIB

Gubernur Ganjar Gowes Sepeda ke TPS 1 Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo datang ke TPS 1 Kelurahan Gajah Mungkur, Semarang menggunakan sepeda.

Dalam pengamatan Bisnis, Ganjar datang bersama keluarga dengan menggunakan baju putih, kemudian melakukan swafoto dengan sejumlah pemilih yang datang, dan ikut mengantre untuk melakukan pendaftaran.

"Ini kawan-kawan goweser ternyata melek politik semuanya. Mereka mengantar saya ke sini, janjian. Pak besok kalau nyoblos saya mau antar," kata Ganjar di Semarang, Rabu (17/4/2019).

09:30 WIB

Ridwan Kamil Nyoblos di TPS Dekat Rumah Pribadi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil  menyalurkan hak pilih dalam Pemilu 2019 di dekat kediaman pribadinya di bilangan Cigadung, Cibeunying, Bandung, Rabu (17/4/2019) pagi.
09:25 WIB

Guruh dan Sandi Nyoblos di TPS yang Sama

Adik Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Guruh Soekarnoputra, mencoblos di TPS yang sama dengan tempat Cawapres Sandiaga Uno menyalurkan suara.

09:17 WIB

Ma'ruf Amin Olahraga Sebelum Gunakan Hak Pilih

Calon wakil presiden nomor urut 01 KH Ma'ruf Amin, menyempatkan diri berolahraga sebelum melakukan pencoblosan di kediamannya, jalan Situbondo, Menteng, Jakarta.  Kiai Ma'ruf terlihat menggunakan sarung dan peci saat menaiki sepeda statisnya. "Ya, ini kan mau siap-siap. Kemarin kan juga sempat pakai celana training," ucap Ma'ruf di lokasi, Rabu (17/4/2019).

"Olahraga seperti ini sudah biasa dilakukan. Bahkan setiap hari. Enak ya, yang penting happy, ini sudah biasa saja," kata Ma'ruf.

Sehabis berolahraga sejenak, dia menyempatkan sarapan dengan menegak teh hangat dan bubur. Dia pun sempat bercerita biasa bersarapan dengan bubur dan nasi goreng.

"Paling enak nasi goreng pakai telor mata sapi itu enak sekali," jelasnya.

Dia berencana mencoblos nanti bersama keluarga di Koja. "Sama keluarga (nyoblosnya). Ada Pak Monang juga (Koordinator Media Jokowi-Ma'ruf)," tambahnya.

Usai minum teh dan makan bubur, Kiai Ma'ruf berbincang santai di meja makan bersama tim internal dan tim pengawal.

Kiai Ma'ruf rencananya, akan menggunakan hak pilih di TPS 051 Koja, Tanjung Priok.

Berubah dari jadwal yang kemarin diinformasikan ke media, Kiai Ma'ruf akan berangkat dari kediaman di Menteng, pukul 09.00 WIB dan direncanakan nyoblos 10.00 WIB.

"Agak berubah sedikit dari rencana awal. Abah dan rombongan akan berangkat ke Koja sekitar pukul 09.00 WIB dan akan menggunakan hak pilih skitar jam 10.00 WIB," papar Monang usai selesai ikut berbincang dengan Kiai Ma'ruf di meja makan.

09:12 WIB

Salah Prosedur, Pemungutan Suara di TPS 62 Ciputat Ditunda

Tempat Pemungutan Suara (TPS)  nomor 62 di Ciputat, Tangerang Selatan harus ditunda sekarang karena salah prosedur. Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Mochammad Afifuddin mengatakan bahwa ada persoalan teknik yang tidak dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

"Ternyata KPPS belum disumpah," katanya saat meninjau lokasi, Rabu (17/4/2019)

09:06 WIB

Prabowo Nyoblos, Didampingi Fadli Zon

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto didampingi tiba di TPS 041 sekitar pukul 08.00 WIB. Mantan Danjen Kopassus tersebut datang didampingi Wakil Ketua DPR Fadli Zon.

07:53 WIB

Sandiaga Uno dan Istri ke TPS

Sandiaga menuju tempat pemungutan suara.

07:42 WIB

Lokasi Prabowo Mencoblos

Calon Presiden (Capres) Nomor 2 Prabowo Subianto akan menggunakan hak pilihnya di TPS 041 di Kampung Curug, Bukit Koneng, Babakan Madang, Bogor.

Pantauan Bisnis di lokasi, sejumlah petugas KPPS terlihat sedang mempersiapkan peralatan yang akan digunakan oleh Prabowo dan warga yang mimilih di kampung Curug, Bojong Koneng, Bogor.

07:37 WIB

Prabowo Subianto Bersilaturahmi dengan Warga

Sebelum melakukan pencoblosan hari ini, Rabu (17/04/2019) Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto sempat bersilaturahmi dengan warga setempat di kediamannya.

06:35 WIB

Tempat mencoblos Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi

Informasi tempat mencoblos Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi

Joko Widodo
TPS 008, Jalan Veteran Raya - LAN
Jakarta Pusat

Maaruf Amin
TPS 051
Jalan Deli Lorong 27
RT.007/008 Koja Jakarta Utara

Prabowo Subianto
TPS 041
Kp. Curug 02/09, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor

Sandiaga Uno
TPS 002 Jalan Sriwijaya 2 Belakang SMK 15 Kebayoran Baru Jakarta Selatan

06:30 WIB

Sandi Salat Subuh di Mesjid At Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno bersama istrinya, Nur Asia menunaikan ibadah shalat Subuh dan dzikir bersama di Mesjid At Taqwa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu pagi.

Tag : Pilpres 2019
Editor : M. Taufikul Basari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top