Dahlan Iskan Membelot ke Prabowo, Bagaimana dengan Adik Ahok Fifi Lety?

Menjelang hari pencoblosan, Prabowo Subianto menerima dukungan dari sejumlah tokoh. Setidaknya, ada empat orang pesohor yang menyampaikan dukungan kepada calon presiden nomor urut 02 itu, baik secara gamblang maupun tersirat.
JIBI | 16 April 2019 08:57 WIB
Dahlan Iskan - Bisnis.com/Yusran Yunus

Bisnis.com, JAKARTA  - Menjelang hari pencoblosan, Prabowo Subianto menerima dukungan dari sejumlah tokoh. Setidaknya, ada empat orang pesohor yang menyampaikan dukungan kepada calon presiden nomor urut 02 itu, baik secara gamblang maupun tersirat.

Dukungan empat orang kenamaan ini cukup membuat ramai warganet. Namun, beberapa pihak menganggap kehadiran mereka hanya bakal menguatkan dukungan atau mempengaruhi suara mengambang di lingkup internal.

Peneliti Populi Center Afrimadona, misalnya. Ia melihat masuknya dukungan di hari-hari terakhir menjelang pencoblosan, seperti dari Gatot Nurmantyo, hanya berefek pada swing voters di lingkaran pendukung Prabowo.

"Sebenarnya nama Gatot cukup populer di kalangan pemilih Prabowo. Dia kan cukup dekat dengan kelompok muslim basis Prabowo. Jadi saya pikir ini hanya lebih menguatkan swing voters yang ada di kubu Prabowo," kata Afrimadona, Sabtu (13/4/2019).

Berikut empat nama-nama tokoh beserta kisah perjumpaanya dengan capres usungan.

Abdul Somad

Prabowo bertemu dengan Abdul Somad sepekan sebelum masa tenang pemilu. Dalam pertemuan itu, Somad menceritakan banyaknya dukungan umat kepada Prabowo Subianto, berdasarkan pengalamannya berceramah keliling Indonesia.

Indikatornya, banyak dari jemaahnya yang kerap mengacungkan dua jari ketika ia berceramah.

"Itu rata-rata, dari ujung Aceh sampai Pulau Madura, sampai ke Sorong. Itu saya lihat umat berharap besar," ujar Somad sembari mencontohkan mengacungkan dua jari jempol dan telunjuk, kala berbincang dengan Prabowo, sebagaimana tampak dalam rekaman perbincangan antara keduanya yang viral di media sosial.

Ustaz Abdul Somad sebelumnya pernah direkomendasikan Ijtima Ulama untuk menjadi calon wakil presiden pada pilpres 2019 mendampingi Prabowo. Sempat didesak oleh beberapa ulama masyhur dan tokoh politik, Somad menolak atas dasar masih banyak calon lain yang lebih pantas untuk menjadi cawapres.

Gatot Nurmantyo

Dukungan purnawirawan panglima jenderal TNI ini kepada Prabowo ini ditunjukkan dari kehadirannya di pidato kebangsaan Prabowo pada Jumat, 12 April 2019 lalu di Surabaya.

Kehadiran Gatot disambut sorakan oleh para pendukung Prabowo. Gatot saat itu bersalaman dengan tokoh-tokoh yang lebih dulu hadir. Setelah itu, dia bergabung dengan para tokoh yang lebih dulu hadir duduk di atas panggung.

Sejatinya, nama Gatot sudah erat di kalangan pemilih Prabowo. Dia disebut cukup dekat dengan kelompok muslim basis Koalisi Adil Makmur.

Dahlan Iskan

Menjelang pencoblosan, suara Dahlan berbelot. Ia kini tak lagi berada di kubu Jokowi, namun oposisinya. Dukungan dari bos media Jawa Pos itu disampaikan saat ia menghadiri pidato kebangsaan calon presiden Prabowo Subianto di Hotel Dyandra, Surabaya, Jawa Timur.

Dahlan mengemukakan bahwa alasannya melabuhkan dukungan ke pengampu Partai Gerindra itu tak terkait nasibnya selama 4,5 tahun terakhir.

Sementara itu, pada 2014 lalu, Dahlan mengungkapkan bahwa ia menaruh dukungan pada kubu Jokowi.

 "Lima tahun yang lalu menjelang pemilu seperti ini saya mengadakan deklarasi besar-besaran mendukung Pak Jokowi di Sentul," kata Dahlan. Kala itu, Dahlan mendukung Jokowi karena program pertumbuhan ekonomi dan revolusi mentalnya.

Fifi Lety Tjahaja Purnama

Pertemuan Fifi Lety Tjahaja Purnama, adik Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dengan Prabowo terjadi pada masa tenang. Pertemuan mereka diunggah di media sosial berbagi gambar alias Instagram Fifi pada Senin(15/4/2019).

Dalam pertemuan itu, Fifi tidak menyatakan dukungan suara. Ia hanya menulis ingin mengajak warganet tidak saling menuduh dan menghilangkan dendam. Melalui keterangan fotonya pula, Fifi memuji bahwa Prabowo adalah sosok pemimpin berhati besar. "Adalah anugerah yang luar biasa dan merupakan suatu kehormatan bisa bertemu kembali dengan Bapak Prabowo Subianto, sosok pemimpin berhati besar," kata Fifi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019, Pilpres 2019

Sumber : Tempo.Co
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top