Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Memecah Batasan Petinju Perempuan Iran, Ini Perjuangan Shadaf Khadem

Khadem berjuang untuk bisa bertinju. Sebagai seorang perempuan Iran, dia sangat sulit secara terbuka berlatih di negerinya. Berjalan jauh ke Prancis, dia pun memulai turnamen resmi pertamanya yang mungkin bisa mengubah persepsi Iran terhadap tinju perempuan.
Shadef Khadem, Petinju Iran./ Reuters
Shadef Khadem, Petinju Iran./ Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Shadaf Khadem siap untuk melewati batas aturan perempuan di Iran, terutama untuk olah raga tinju. Dari latihan sembunyi-sembunyi, kini Khadem bakal menjadi perempuan pertama Iran yang bertanding tinju di pertarungan resmi.

Khadem benar-benar berjuang untuk bisa berkarir di dunia tinju, sebuah hal tabu di Iran. Pasalnya, semua fasilitas tinju di Negeri Seribu Satu Malam itu hanya disediakan untuk pria.

Akhirnya, Dia terpaksa berlatih tinju di ruang pribadi sejak empat tahun lalu.

Tinju memang masih tabu bagi perempuan di sana. Meskipun begitu, Iran sudah mulai terbuka dengan mengizinkan perempuan hadir di pertandingan sepak bola pria pada Oktober 2018.

Khadem menyebut, bagi perempuan Iran lebih mudah menjadi pegulat dan angkat besi ketimbang tinju.

"Soalnya, gulat dan angkat besi lebih masuk ke dalam budaya kami," ujarnya. 

Awal perjuangan Khadem dimulai ketika bertemu dengan petinju Prancis Mahyar Monshipour. Saat itu, Monshipour sedang melakukan acara promosi di Iran.

"Saya mengadakan sesi pelatihan publik di bukit yang menghadap ke Teheran [Ibukota Iran]. Ada sekitar 35 orang yang muncul, dan 6 diantarnya adalah perempuan," ujar Monshipour seperti dikutip Reuters pada Jumat (12/04/2019).

Pasca pelatihan publik itu, Khadem mengontak Monshipour untuk beradu tinju. Namun, petinju perempuan asal Prancis itu menolaknya.

Beberapa bulan kemudian, federasi Iran membuka pintu bagi para petinju perempuan. Pihak federasi pun meminta untuk membuat sebuah acara khusus.

Sayangnya, pertarungan tinju perempuan ala Iran hampir sulit dilakukan. Pasalnya, federasi Iran memberikan syarat dan ketentuan pertandingan tinju perempuan harus memiliki pelatih hingga wasit perempuan.

Memecah Batasan Petinju Perempuan Iran, Ini Perjuangan Shadaf Khadem

Alhasil, Khadem diajak berlatih tinju langsung ke Prancis demi tidak melanggar aturan yang berlaku di Iran.

Sesampainya di Paris, Khadem untuk pertama kalinya berlatih tinju bersama pria. Pada sesi akhir latihan, dia menangis sambil meluapkan emosinya.

Dia mengaku sudah menunggu berlatih tinju selayaknya sejak lama.

Khadem mengatakan, orang tuanya khawatir ketika dirinya memilih tinju.

"Sekarang, mereka sudah mendukung karena melihat saya begitu menyukai tinju," ujarnya.

Khadem pun bakal memulai pertarungan resmi pertamanya melawan petinju lokal bernama Anne Chauvin. Misi utama Khadem bukan mengalahkan lawannya, melainkan bisa menghancurkan batasan perempuan di Iran terkait bertinju.

"Banyak perempuan yang bertinju di Iran, pertarungan ini saya dedikasikan untuk mereka," ujarnya.

Menyambut pertarungan resmi pertamanya, Khadem menambah porsi latihan kebugarannya.

"Setiap orang memiliki saat sulit dalam hidupnya. Untuk itu, kita harus berjuang untuk mengatasi berbagai rintangan tersebut," ujarnya.

Nah, aksi pertarungan resmi pertama Khadem di arena tinju ini bisa mengubah batasan perempuan Iran dalam berolahraga adu jotos itu tidak ya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Editor : Surya Rianto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper