Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BPN Tak Percaya Survei Karena Beda dengan Fakta Lapangan

“Saya kira hasil ini bertentangan dengan logika,”
Jaffry Prabu Prakoso
Jaffry Prabu Prakoso - Bisnis.com 10 April 2019  |  16:25 WIB
BPN Tak Percaya Survei Karena Beda dengan Fakta Lapangan
Calon Presiden nomer urut 02 Prabowo Subianto menyampaikan orasi politiknya di hadapan pendukung dan simpatisan yang memadati pelataran Benteng Kuto Besak Palembang pada Kampanye akbar, di Palembang, Sumsel, Selasa (9/4/2019). - ANTARA/Feny Selly
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi tidak percaya dengan hasil survei nasional yang selalu mengalahkan jagoannya. Kenyataan di lapangan saat kampanye, antusiasme masyarakat selalu tinggi.

Direktur Kampanye Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sugiono mengatakan bahwa tidak masuk akal jika hasil survei kalah tapi masyarakat selalu membludak ketika Prabowo atau Sandi safari politik.

“Saya kira hasil ini bertentangan dengan logika,” katanya di Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Sugiono menjelaskan bahwa alasan timnya tidak memercayai survei nasional karena pada pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun lalu hasilnya jauh meleset.

Pada pilkada tahun lalu di Jakarta contohnya. Hasil survei beberapa lembaga survei menempatkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno pada kisaran 47 persen. Akan tetapi hasil hitung resmi adalah 57,9 persen.

Jawa Barat demikian. Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu memiliki elektabilitas di bawah 10 persen. Saat penghitungan resmi, mereka memperoleh 28,7 persen.

Sementara Jawa Tengah pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah memiliki popularitas antara 13-22 persen. Hasilnya, mereka dapat 41,2 persen.

Kini, hasil beberapa lembaga merilis Prabowo-Sandi kalah terpaut sekitar 10 persen. Padahal, berdasarkan kajian internal, pasangan nomor urut 02 ini berada pada 62 persen sementara lawannya 32 persen.

“Namun kita juga harus jaga bahwa suara rakyat yang kita tangkap bisa dijaga dan apa yang jadi amanat, jadi janji kampanye yang akan kita tunaikan,” jelas Sugiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

survei capres prabowo subianto Pilpres 2019
Editor : Akhirul Anwar
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top