Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Beredar Hasil Perhitungan Suara Pilpres di Luar Negeri Menangkan Prabowo-Sandi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan hasil perhitungan suara sementara di luar negeri yang marak beredar bukanlah hasil hitung resmi oleh Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN). Namun, kabar yang beredar itu dipastikan tidak benar.
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari/Bisnis.com-Jaffry Prabu Prakoso
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari/Bisnis.com-Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan hasil perhitungan suara sementara di luar negeri yang marak beredar bukanlah hasil hitung resmi oleh Panitia Pemilihan Umum Luar Negeri (PPLN). Namun, kabar yang beredar itu dipastikan tidak benar.

Komisioner KPU Hasyim Asy'ari memastikan perhitungan suara di luar negeri akan digelar serentak seperti di dalam negeri.

"Kegiatan penghitungan suara pemilu di luar negeri dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 sesuai waktu setempat," ungkap Hasyim dalam keterangan resmi, Rabu (10/4/2019).

Berdasarkan fakta tersebut, Hasyim memastikan hasil perhitungan suara di luar negeri yang dilakukan oleh PPLN dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) baru dapat diketahui setelah perhitungan suara pada tanggal tersebut selesai dilakukan.

"Bila sekarang ini beredar kabar tentang perolehan suara pemilu di luar negeri, dapat dipastikan hasil tersebut bukan hasil resmi (real count) yang dilakukan oleh PPLN dan KPPSLN," ungkap Hasyim.

Dalam pesan yang beredar di layanan pesan instan, tertulis hasil perhitungan suara yang menyebut keunggulan salah satu pasangan calon. Pesan tersebut memperlihatkan hasil hitung sementara di sejumlah negara, antara lain Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yaman, Belgia, Jerman, dan Amerika Serikat.

Dalam perhitungan sementara untuk Arab Saudi, misalnya, pesan tersebut menyebut bahwa pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul dengan 65,4 persen suara, sementara pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin memperoleh 25,6 persen.

Keunggulan pasangan nomor urut 02 juga terjadi di Korea Selatan dengan perolehan suara 64,8 persen suara dan paslon nomor urut 01 sebesar 35,2 persen.

Dalam keterangan resminya, KPU juga memastikan bahwa sampai Rabu (10/4/2019), lokasi yang telah menggelar pemungutan suara antara lain Sanaa, Yaman pada 8 April 2019, Panam City dan Quito pada 9 April 2019, dan Bangkok dan Songkhla pada Rabu (10/4/2019).

"Selain jadwal tersebut, kegiatan pemungutan suara di luar negeri belum dilaksanakan. Dengan demikian terhadap kabar tentang perolehan suara pemilu di luar negeri yang beredar luas di masyarakat adalah kabar yang tidak dapat dipertanggungjawabkan," papar Hasyim.

Dengan demikian, kabaritu dipastikan tidak benar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper