Jokowi Gelar Kampanye Terbuka di BSCC Dome

Pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menggelar kampanye terbuka di Balikpapan Sport Center and Convention.
Gloria Fransisca Katharina Lawi
Gloria Fransisca Katharina Lawi - Bisnis.com 28 Maret 2019  |  12:01 WIB
Jokowi Gelar Kampanye Terbuka di BSCC Dome
Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo melambaikan tangan kepada massa pendukungnya saat kampanye terbuka di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (27/3/2019). - ANTARA/Bayu Pratama S

Bisnis.com BALIKPAPAN -- Pasangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menggelar kampanye terbuka di Balikpapan Sport Center and Convention.

Joko Widodo memulai perjalanan kampanye dengan mengunjungi nelayan di Manggar Baru sekitar pukul 09.00 WITA. Ratusan nelayan memenuhi jalan untuk bersalaman dengan Jokowi.

Seusai mengunjungi nelayan di Manggar Baru, Jokowi dan tim bertolak ke Balikpapan Sport Center and Convention (BSCC) Dome.

Mengenakan setelan kemeja putih dan jeans biru Jokowi disambut ribuan massa yang menyerukan namanya.

"Jokowi! Amin! Jokowi! Amin!," Kamis (28/3/2019).

Adapun total massa lebih dari 5000 orang karena telah melampaui kapasitas BSCC Dome yakni 2500 orang. Massa pendukung terus menyerukan nama Jokowi dan cawapresnya KH. Ma'ruf Amin. Ramainya massa pendukung Jokowi di BSCC Dome membuat lalu-lintas di Jalan Ruhui Rahayu dan sekitarnya menjadi sangat macet.

Nampak di antara rombongan tersebut pendukung petahana salah satunya putri Gus Dur, Yenni Wahid, serta artis dan kader Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Tessa Kaunang.

Salah satu pendukung Jokowi, Suwati (54) warga Balikpapan yang tinggal di daerah Batakan, sambil berjualan minuman dingin dia menerobos masuk dengan paksa diantara himpitan massa. Tujuannya untuk bisa bersalaman dengan Jokowi.

"Sayang tak sempat foto tadi," ujar Suwati kepada Bisnis.com.

Didampingi istrinya, Iriana Joko Widodo mengungkapkan dalam kampanye terbuka agar para pendukung dan segenap masyarakat Indonesia bisa menjaga kerukukan dan persatuan Indonesia.

Beberapa basis massa yang meramaikan kampanye ini adalah Anak Republik Kalimantan Timur dan Barisan Nasional Kalimantan Timur.

Sebelumnya di Samarinda, cawapres paslon 01, KH.Ma'ruf Amin dalam deklarasi Anak Republik Kalimantan Timur dan kampanye terbuka menerima gelar adat Pemimpin Besar Pemersatu Bangsa.

Di GOR Sempaja Samarinda cawapres nomor urut 01 ini mengutarakan apresiasinya atas dukungan dan penyematan gelar dalam bahasa Dayak yang artinya Pemimpin Besar Pemersatu Bangsa. Adapun gelar yang diberikan dalam bahasa Dayak itu berbunyi; 'Pui Pamboq Bioq Puyan'.

"Itu artinya Pemimpin Besar Pemersatu Bangsa," kata Ma'ruf, Jumat (22/3/2019) lalu.

Ma'ruf Amin tiba di GOR Sempaja Samarinda sekitar pukul 15.00 WITA. Sehari sebelumnya dia telah blusukan ke Balikpapan. Sesampainya di Samarinda, Ma'ruf juga menyempatkan diri berkunjung dan silaturahmi ke Pondok Pesantren Nabil Husen, Samarinda.

Penyematan gelar itu diberikan Ketua Umum Dewan Adat Dayak Kaltim, Edy Gunawan Areq Lung.

Dalam perjalanan blusukan itu Ma'ruf bersama istrinya Wury Estu Handayani serta semua ketua DPD partai koalisi yakni PDIP, PKB, Partai Golkar, Partai Hanura, PSI, dan Partai Nasdem.

Dalam pantauan Bisnis.com, dari kapasitas 4000 orang di GOR Sempaja, peserta pendukung tidak sampai 3000 orang.

Hadir dalam kampanye Ma'ruf yakni; Pimpinan Pondok Pesantren Nabil Husen, KH Nasikhin, Ketua TKD Kaltim Syafaruddin, Pengurus PWNU Kaltim, Pengurus PCNU Samarinda, Pimpinan Ponpes Samarinda dan Kaltim. Selain itu turut hadir Persatuan Pencak Silat NU se-Kaltim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
KAMPANYE PILPRES, Pilpres 2019

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top