Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Pantau Insiden Helikopter Jatuh di Tasikmalaya

Kemenhub menyatakan insiden jatuhnya helikopter milik PT Air Transport Service type BO 105 (PK EAH) di Tasikmalaya, sekitar pukul 15.15 WIB Sabtu (16/3) dengan membawa penumpang 4 orang dan 1 crew.

Bisnis.com, JAKARTA--Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti menyatakan insiden jatuhnya helikopter milik PT Air Transport Service type BO 105 (PK EAH) di Tasikmalaya, sekitar pukul 15.15 WIB Sabtu (16/3) dengan membawa penumpang 4 orang dan 1 crew.

Menurut informasi yang diperoleh, helikopter jatuh di sekitar Bukit Kampung Ceuri Desa Jayaratu Kecamatan Sariwangi.

“Kami akan memantau perkembangan insiden ini dan berkoordinasi dengan stakeholder terkait perihal penyebab kecelakaan,” kata Polana dalam keterangan resmi, Sabtu (16/3/2019).

Saat ini, posisi helikopter yang jatuh telah ditemukan dan dilakukan evakuasi oleh Tim SAR, masyarakat dan berbagai pihak.

Polana mengimbau kepada semua pihak untuk meningkatkan koordinasi dan kewaspadaaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau berpotensi menggangu operasional penerbangan. Khususnya keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan.

Sebelumnya, Juru Bicara Kantor Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas Jawa Barat, Joshua Banjarnahor, mengatakan, tim sudah diterjunkan untuk mengevakuasi para korban.

"Tim kami dibantu warga mengevakuasi korban," kata Joshua seperti dikutip Antara.

Dia menyampaikan tim Basarnas diterjunkan dari Bandung dibantu Pos SAR Tasikmalaya berikut peralatan penyelamatan untuk membantu proses evakuasi.

Korban yang berhasil dievakuasi, kata Joshua, langsung dibawa ke Rumah Sakit SMC Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya untuk mendapatkan penanganan medis.

"Rencana seluruh korban dibawa ke RS SMC Singaparna," kata Joshua.

Ia menyebutkan, helikopter milik PT Air Transport Services itu dilaporkan terjatuh saat melintasi kawasan Kabupaten Tasikmalaya dari Kawalu menuju Wanaraja di Kabupaten Garut.

Terkait penyebabnya, kata dia, belum dapat diketahui, tim Basarnas hanya fokus mengevakuasi para korban.

"Kami fokus proses evakuasinya," katanya.

Seluruh penumpang diberitakan selamat. Kecelakaan terjadi saat helikopter sedang menerbangkan anggota DPR RI untuk kunjungan kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper